METRO KOLAKA

Kabid Humas Polda: Salah Satu Kekuatan Polisi Ada di Pers

Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Golden Hart (tengah) saat berkunjung di Polres Kolaka. Sesuai berdiskusi santai dengan sejumlah insan pers di Kolaka, sempatkan pose bersama. FOTO : Humas Polres Kolaka for Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Kabid Humas Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra), AKBP Harry Golden Hart menyatakan bahwa jajaran kepolisian di Sultra terkhusus di Polres Kolaka harus mampu memberikan informasi secepatnya kepada pekerja media atau pers terkait informasi yang sedang ditangani pihak Polres. “Sekecil apapun informasinya kalau itu dikonfirmasikan harus segera disampaikan, kita tidak ingin informasi itu tersumbat. Saya kira teman-teman pers itu sudah tahu kaidah jurnalisme yang mana boleh disampaikan dan yang mana tidak boleh,” ungkap Kabid Humas saat berkunjung ke Polres Kolaka, kemarin (21/11).

Dia bahkan menyampaikan bahwa keterbukaan dan kecepatan informasi saat ini memang adalah tuntutan zaman. Sehingga jajaran kepolisian harus bermitra dengan pers untuk mempublikasikan informasi tersebut. “Saya contohkan, mana ada orang mau nonton atau baca berita jam 12 malam. Makanya kalau bisa jika ada kejadian atau informasi yang dibutuhkan oleh wartawan untuk dikonfirmasi saat itu juga, pihak kepolisian harus mampu menyampaikannya agar informasi itu terverifikasi, jangan jadi blunder, dan bisa cepat, terverifikasi, dan langsung sampai kepada masyarakat,” jelasnya.

Dia juga mengatakan bahwa pers merupakan salah satu kekuatan kepolisian khususnya pada bagian Humas. “Terus terang kekuatan kepolisian terutama di bidang saya di Humas sebenarnya itu ada di pers. Makanya sebenarnya pers dan kepolisian adalah bagian yang tak terpisahkan,” tandasnya.

Meski demikian, kata Harry, dia juga meminta agar pers dalam menjalankan tugasnya menyampaikan informasi agar benar benar sesuai kaidah jurnalistik yang ada. (mir/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top