KONAWE SELATAN

Laksanakan Supervisi, Ketua TP-PKK Sultra Kunjungi Konsel

Ketua TP-PKK Provinsi Sultra Hj. Agista Ariyani Ali Mazi, SE saat tiba di Konsel dan disambut tari mondotambe dalam rangka supervisi 10 program PKK, yang disambut langsung oleh Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin, SH. FOTO: Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Meningkatkan dan mempererat silahturahmi antar pengurus Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) di Tingkat Kabupaten dan Kota, Ketua TP-PKK Provinsi Sultra Hj. Agista Ariyani Ali Mazi mengunjungi Konsel yang disambut langsung oleh Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Nurlin Surunuddin di Kantor PKK Konsel, Selasa (20/11).

Selain itu Kunjungan Kerja (Kunker) ini, juga dalam rangka melaksanakan supervisi penilaian 10 program pokok PKK, yang telah berjalan di Konsel, yang mana turut mendampingi dalam penyambutan tersebut Wakil Ketua TP-PKK Konsel, Hj. Arni Arsalim, SE bersama pengurus lainnya.

“Supervisi ini merupakan rutinitas saya pada tahun 2008, saat menjabat posisi yang sama, yakni selaku Ketua TP-PKK Provinsi yang selalu turun kelapangan untuk melihat dan mengetahui program apa yang telah dijalankan oleh PKK Kabupaten, untuk periode sekarang, ini merupakan kunjungan ke-7 dari 17 Kab/Kota yang telah dan akan saya kunjungi,” kata Agista saat membuka dialognya didepan pengurus PKK Konsel.

Pihaknya mengaku sangat bangga atas sambutan yang diberikan TP-PKK Konsel, selain itu suasana kantor PKK Konsel begitu indah, bersih dan rapi dengan halaman yang menurutnya terluas dari tujuh Kabupaten yang telah dikunjunginya.

“Saya minta, halamannya jangan dibiarkan kosong sebaiknya ditanami toga atau tumbuhan lain yang memiliki manfaat ekonomi, dengan menanami sayuran dan lain sebagainya, yang hasilnya nanti bisa dijual dan dimasukan dalam kas sehingga bisa menjadi penghasilan tambahan bagi para pengurus,” jelasnya.

Hal ini juga berhubungan dengan program kerja Tahun 2019, tambah Agista yakni akan menggelar “Lomba Kantor dan Kebun PKK Terindah” dengan hadiah berupa biaya gratis study banding ke Provinsi lain kepada 10 orang pengurus PKK Kab/Kota, yang menjadi juara, yang mana tim penilai akan melihat dan menilai keindahan dan fungsi kantor dan kebun PKK tersebut, yang nantinya juga akan menjadi kebun percontohan PKK tingkat Sultra dan akan didorong untuk ikut lomba tingkat nasional.

“Selain itu, di tahun ketiga masa jabatan saya juga ada program lomba Desa Wisata dengan hadiah utama berupa mobil operasional, yang penetapannya akan saya tentukan sesuai budaya, potensi dan unggulan masing-masing Kab/Kota, nah untuk Konsel karena 70% hasil pertanian maka saya tetapkan sebagai Desa Wisata berbasis Agro Wisata, olehnya itu mulai sekarang TP-PKK Konsel, segera melihat Desa mana yang akan mewakili dalam lomba sesuai kriteria yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Ditambahkan Agista, untuk mensukseskan program lomba, selain akan mendapatkan bantuan dari Pemprov, PKK harus melibatkan Instansi/OPD setempat dalam setiap program kerja, karena PKK merupakan mitra kerja pemerintah yang diatur dalam perundang-undangan, jadi jangan takut bersinergi dengan pihak terkait.

“Harapan saya, semoga dengan program Desa Wisata yang kita siapkan, dapat menjadi tujuan wisata para turis baik lokal, nasional maupun turis mancangera yang tentu mampu menambah sumber PAD, dan semoga kedepan PKK semakin kuat, semangat didukung sistem pelaporan administarasi yang lengkap,” tandasnya.

Kesempatan yang sama, Ketua TP-PKK Konsel, Nurlin Surunuddin menyampaikan selamat datang kepada Ketua TP-PKK Provinsi bersama rombongan Tim supervisi 10 Program Pokok PKK, yang merupakan mitra kerja pemerintah yang selalu mendukung kegiatan dan program kerja pemerintah, khususnya dalam rangka membangun daerah Kabupaten Konsel menuju Desa Maju Konsel Hebat.

“Kita berharap Kunker ini, sebagai wahana menjalin persatuan dan kekompakan serta sebagai ungkapan silahturahmi para pengurus PKK di Sultra pada umumnya dan kami juga berharap Ketua TP-PKK Sultra, Hj. Agista bersama rombongan, bisa menyempatkan diri hadir pada kegiatan-kegiatan lainnya sekaligus memohon maaf jika ada yang kurang berkenan selama kunjungannya,” tutup Nurlin. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top