METRO KOLAKA

Warga Diajak Waspada Fenomena Kecanduan Pembalut

Kepala (BNNK) Kolaka, Eryan Noviandi

KOLAKAPOS, Kolaka — Fenomena remaja yang kecanduan air rebusan pembalut kini viral melalui pemberitaan di media sosial. Para pelaku nekat meminum air rebusan pembalut agar bisa merasakan sensasi sebagaimana mengonsumsi narkotika jenis sabu. Meski tidak masuk dalam daftar zat adiktif yang dilarang undang-undang, tapi air rebusan pembalut disebut bisa menimbulkan efek fly hingga kecanduan.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Kolaka, Eryan Noviandi mengajak semua pihak untuk mewaspadainya.
“Poinnya adalah belum ada informasi resmi dari Humas BNN Pusat terkait hal ini, namun demikian informasi ini perlu kiranya menjadi perhatian kita bersama untuk dapat lebih mewaspadainya,” ungkap Eryan saat ditemui Kolaka Pos di kantornya, beberapa waktu lalu.

Eryan mengatakan, semua kalangan harus mengambil peran terkait hal ini, agar tidak terjadi di wilayah Kabupaten Kolaka. “Semua kalangan harus mewaspadai gejala-gejala penyalahgunaan zat-zat adiktif termasuk kecanduan air rebusan pembalut seperti yang terjadi di wilayah provinsi Jawa Tengah agar tidak terjadi di wilayah Kabupaten Kolaka,” ungkapnya.

Diharapkan, peran masyarakat terutama orang tua agar lebih meningkatkan pengawasan terhadapat untuk tidak terjerumus dalam penyalahgunaan zat-zat berbahaya bagi kesehatan. “Peran orang tua juga sangat penting disini untuk mengawasi dan bisa mencegah putra-putrinya agar tidak terjerumus dalam penyalahgunaan narkoba termasuk air rebusan Pembalut ini,” harapnya. (mir/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top