BERITA UTAMA

Syaifullah Khalik : BNN Kekurangan Personil dan tak Miliki Ruang Tahanan

Syaifullah Khalik, Ketua Komisi III DPRD Kolaka.

KOLAKAPOS, Kolaka — Meski menyayangkan kejadian kaburnya Tahanan Narkoba BNN Kolaka , Komisi III DPRD Kolaka menyatakan bahwa hal tersebut harus menjadi perhatian semua stakeholder dalam rangka perang terhadap Narkoba di Kolaka. “Kita tidak bisa juga sepenuhnya menyalahkan pihak BNN Kolaka, ini harus menjadi perhatian kita semua dalam rangka perang terhadap Narkoba, bahwa dari kejadian ini semua stakeholder termasuk Legislatif dan Eksekutif juga harus memikirkan hal ini agar tidak terjadi,” papar Syaifullah Khalik, Ketua Komisi III DPRD Kolaka, saat dimintai keterangan terkait hal itu (27/11).
Lanjut Legislator Gerindra itu, pihak BNN Kolaka memang kesulitan dalam hal pengawasan tahanan sebab selain kekurangan personil di lembaga anti narkoba itu tidak memiliki ruang tahanan ataupun tempat penitipan tahanan. “Dari pertemuan kami dengan BNN Kolaka beberapa waktu lalu di DPRD itu terungkap jika mereka tidak memiliki ruang tahanan ataupun tempat penitipan tahanan, dan untuk menganggarkannya, pagu anggaran mereka sangat sedikit, apalagi mereka juga kekurangan personil, nah makanya pasti mereka kesulitan dalam hal pengawasan jika tiba tiba banyak tahanan narkoba yang harus diawasi,” papar Syaifullah.
Untuk itu, kata Syaifullah Khalik, pihak BNN Kolaka mungkin bisa bersinergi dengan pemerintah daerah atau pihak lain dalam hal mewujudkan pembangunan ruang tahanan sepanjang tidak melanggar aturan. “Mungkin pihak BNN juga bisa bersinergi dengan Pemda atau pihak lain, sepanjang tidak melanggar aturan saya kira kita di DPRD siap mendukung, sebab ini merupakan upaya kita bersama dalam perang melawan narkoba,” paparnya.
Namun meski demikian, Syaifullah juga meminta BNN Kolaka untuk bisa menjadikan kejadian kaburnya tahanan narkoba tersebut sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan pengawasan terhadap para pelaku kejahatan narkoba yang sudah ditangkap. “Tapi ini harus menjadi pelajaran dan pengalaman bagi BNN Kolaka untuk meningkatkan pengawasan terhadap mereka yang sudah ditangkap atas dugaan kejahatan Narkoba,” tutupnya. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top