BERITA UTAMA

Dinilai Coreng Pendidikan, Sekdis Dikbud Sultra Diminta Dipecat

KOLAKAPOS, Kendari — Pasca adanya operasi tangkap tangan (OTT), yang dilakukan oleh tim gabungan Kejari dan Kejati Sultra terhadap Sekretaris Dinas (Sekdis) Pendidikan dan Kebudayaan Sulawesi Tenggara, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) angkat bicara, (29/11) kemarin.

Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara Yaudo Salam Ajo, meminta Gubernur Sultra untuk melakukan pemecatan terhadap Sekdis Dikbud Sultra. Pasalnya, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra sudah membuat catatan buruk serta telah mencoreng kualitas pendidikan di Sultra.

“Mengapa harus dilakukan pemecatan, karena ternyata kejadian ini sudah berulang-ulang (permintaan fee yang ke tiga kalinya). Sehingga sama saja mencoreng nama baik pendidikan serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainya,” tandasnya.

Sambung Yaudo, sanksi tidak bisa diberikan tanpa ada mekanismenya. Menurutnya Gubernur yang berhak memberikan penilaian atas kejadian tersebut. Karena Gubernur memiliki hak untuk bisa memberi sanksi atas sistem yang telah terbangun.

“Selain itu, kami juga pihaknya meminta kepada yang berwajib untuk melakukan tindakan yang profesional sesuai dengan hukum yang berlaku. Jika memang pidana, maka hukumannya harus lebih berat,” tutupnya.

Ditempat berbeda, saat ditemui Gubernur Sulawesi Tenggara H Ali Mazi menegaskan, akan mengganti Sekertaris Dinas (Sekdis) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Sultra.

“Segera kita akan mengganti Sekdis Dikbud Sultra, jika sudah ditetapkan sebagai tersangka. Karena kita kan butuh kerja dan tidak boleh berhenti karena ulah satu orang,” ucap Ali Mazi usai menghadiri acara rakornas program sistering membangun kapabilitas pengadaan pemerintah melalui sinergi dan kolaborasi antar UKPBJ, di salah satu hotel di Kendari, Kamis (29/11).

Sambung dia, untuk itu pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra, terkait persoalan OTT yang menyeret Sekdis Dikbud Sultra.

“Ya nanti kita lihat saja, yang penting yang bermasalah sekertaris, segera saya akan lakukan pergantian terhadap oknum yang bersalah tersebut,” pungkasnya. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top