METRO KOLAKA

Ratusan Pelajar Ikut Sosialisasi Bela Negara

Suasana pelaksanaan kegiatan sosialisasi bela negara. FOTO : Mirwanto/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Pemerintah daerah (Pemda) Kolaka melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kolaka menggelar kegiatan sosialisasi bela negara di Aula Sasana Praja Kantor Bupati Kolaka, Kamis (29/11). Kegiatan diikuti ratusan peserta yang terdiri dari unsur tokoh organisasi kemasyarakatan, organisasi kepemudaan (OKP), mahasiswa, siswa-siswi SMU/sederajat, anggota Satgas Anti Narkoba, serta pengurus organisasi intra sekolah se Kabupaten Kolaka.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Dengan Semangat Bela Negara Kita Perkuat Petahanan dan Keutuhan NKRI’ itu secara resmi dibuka oleh Bupati Kolaka, Ahmad Safei melalui Asisten II, Kasim Madaria didampingi Kepala Kesbangpol Kolaka, Abd Haris Rahim. Turut hadir sejumlah pejabat eselon III dan IV di lingkup Kesbangpol Kolaka, serta tiga pemateri utama dari Komisi I DPRD Kolaka, PasiTer Kodim 1412, dan akademisi dari Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Dalam sambutannya, Kasim Madaria menegaskan bahwa untuk menjaga kemurnian Pancasila dan keutuhan NKRI, dalam diri setiap warga negara harus selalu tertanam semangat jiwa bela negara. “Semangat bela negara harus ditanamkan sejak dini melalui pengenalan sejarah perjuangan pendiri dan pahlawan bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kolaka Abdul Haris Rahim mengatakan, saat ini bangsa Indonesia mulai diserang dengan berbagai berita hoax yang motori pihak yang tidak bertanggung jawab. Sehingga dikhawatirkan dengan adanya berita hoax ini dapat menimbulkan perpecahan di masyarakat.

Untuk menangkal hal itu, terang Haris, pemerintah saat ini giat melakukan suatu program bela negara. Sebab menurut dia, program ini dianggap mampu memberikan rasa cinta tanah air kepada bangsa agar semakin kuat, agar generasi tidak mudah dihasut oleh berita hoax. “Kenapa pemerintah menggelar program bela negara, karena saat ini regenerasi kita sedang mengalami moral yang mulai menurun, terutama dalam mencintai bangsanya sendiri. Jadi akan mudah terhasut dengan segala bentuk berita hoax,” katanya.

Hal senada juga menjadi inti pemaparan materi Kepala Seksi Teritorial (PasiTer) Kodim 1412 Kolaka Kap. Inf. Dalwin dalam materinya terkait ‘Kesadaran Bela Negara Dalam Mendukung Ketahanan Bangsa’. Ia mengatakan, musuh yang paling berat dihadapi masyarakat Indonesia saat ini adalah ketika melawan musuh dari bangsanya itu sendiri.

Karenanya ia menghimbau, generasi bangsa harus tetap waspada terhadap semua gangguan yang bisa saja sewaktu-waktu mengancam, utamanya terhadap keutuhan NKRI. Apalagi, sambung Dalwin, saat ini bangsa Indonesia sedang menghadapi perang modren, generasi harus tetap mewaspadai agar tidak terpecah belah karena mudah terhasut oleh isu-isu yang sengaja dibuat oleh pihak-pihak yang ingin merusak keutuhan NKRI. “Kita sebagai generasi penerus harus mampu melawan semua itu, jika tidak maka saya yakin gejolak pasti akan bermunculan dimana-mana. Dan itu yang harus kita hidari, apalagi sudah banyak kontribusi yang diberikan negara kepada kita sehingga kita harus tetap selalu mencintai dan menjaga keutuhan bangsa kita,” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu Ketua Komisi I DPRD Kolaka Bakri Mendong juga menyajikan materi tentang ‘Peranan Besar Pemuda Dalam Upaya Peningkatan Bela Negara’. Sedangkan Dosen USN Kolaka Saleh Sutisna menyajikan materi bertajuk ‘Membangun Karakter Bangsa melalui Nilai-nilai Sejarah Perjuangan Bangsa’. (p9/mir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top