KONAWE

Sambut Natal Dan Tahun Baru, PLN ULP Unaaha- Mitra Kerja Siaga

Pengecekan peralatan dan keselamatan kerja mitra ULP Unaaha oleh Manager PLN Unaaha Ardianto. FOTO : Husman/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Unaaha — Perusahaan Listrik Negara (PT. PLN Persero) Unit Layanan Pengadaan (ULP) Unaaha menggelar pengecekan kelengkapan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) terhadap mitra PLN sebagai pihak ketiga dalam melakukan tugas PLN persero di wilayah kerja rayon Unaaha yang meliputi 6 unit PLN yang tersebar di dua kabupaten antaranya Konawe dan Kolaka Timur.

Sebanyak 6 mitra kerja Unit Layanan Pengadaan (ULP) Unaaha antaranya STIP, SP APP, Hairan Kamil, Global, Citra dan Amira diperiksa kelengkapan kerja dan kelengkapan keselamatannya. Pengecekan ini rutin di lakukan per tiga bulan sekali demi menjaga kinerja dan keamanan setiap anggota mitra kerja ULP Unaaha.

Pengecekan kelengkapan kerja antaranya. Sarung tangan, helm, sepatu, tang, obeng, selotip, rambu rambu, tangga, kunci konektor, tali pinggang keselamatan dan peralatan lain yang ber Standan Nasional Indonesia (SNI) di cek kondisinya, demikian dengan kotak P3K terkait isi dari kotak tersebut juga di periksa sebagai alat penolong keselamatan pertama pada kecelakaan.

Nur Layla, Pejabat K3L ULP Unaaha mengatakan, mendekati hari raya natal 2018 dan tahun baru 2019, maka semua mitra PLN ULP Unaaha di wajibkan untuk melengkapi peralatan kerjanya hal ini demi menyiagakan mitra kerja PLN apa bila terjadi kendala tehknis pada saat perayaan natal dan tahun baru baik itu yang di sebabkan oleh alam maupun kesalahan manusia (Human Error) atau kerusakan mesin pembangkit.

” Tujuan pengecekan ini dalam rangka siaga natal dan tahun baru, namun yang perlu di ketahui, kegiatan ini rutin di lakukan setiap tiga bulan sekali untuk memberikan edukasi kepada mitra ULP Unaaha untuk memperhatikan keselamatan kerja para anggotanya dan meningkatkan kualitas kerja demi kenyamanan pelanggan PLN, ” Kata Nur, Kamis (20/12).

Lanjut Nur sapaanya, enam mitra kerja ULP Unaaha, masing-masing memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda, maka dari itu pengecekan alat dan keselamatanya pun juga berbeda. Seperti mitra atau vendor yang bertugas bebagai vendor penyambungan KWH maka peralatanya juga berbeda dengan mitra yang tugasnya sebagai pemelihara jaringan.

” Hasil pengecakan alat kerja semua mitra PLN telah terpenuhi, hanya saja yang masih kami dapati dan perlu di lengkapi oleh mitra ULP Unaaha yakni ketersediaan kotak P3K yang belum maksimal, sehingga kita akan menyurat ke vendornya untuk di penuhi,” Kata Nur.

Terkait kenyamanan pelanggan PLN saat malam natal dan tahun baru, sambung Nur, pihak PLN Unaaha berjanji tidak akan ada pemadaman listrik kecuali gangguan dari alam atau kerusakan mesin di PLTD Lambuya.

” Insya Allah kebutuhan hingga akhir tahun ini tetap stabil dan kita yakinkan tidak ada pemadaman saat perayaan natal, jikapun ada, maka vendor mitra ULP Unaaha sudah stand bay melakukan tugasnya,” Tutup Nur Layla. (m4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top