BERITA UTAMA

Gunakan Jalan di BTN Huko-Huko, Perusda Sebut Kades Yang Izinkan

Surat desa Huko-Huko.

KOLAKAPOS, Kolaka — Aktivitas pengangkutan (Hauling) Ore nikel dari lokasi Wilayah IUP Perusahaan Daerah Perusda Aneka Usaha melalui jalan perumahan BTN Grand Ville di desa Huko-Huko kecamatan Pomalaa sudah mendapat restu dari Kepala Desa setempat.

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Perusda Arman Syahruddin yang dikonfirmasi. “Iya ada izin dari kades,” paparnya singkat (2/12).
Arman bahkan menunjukkan surat permohonan dari Kades Huko-Huko, Sahabuddin terkait hal itu. “Iya ada surat permohonan Kades agar digunakan jalan itu,” ujarnya.

Dalam surat tertanggal 23 November 2018 itu, Kades Huko-Huko meminta Perusda menggunakan jalan di desanya untuk dilalui dalam pengangkutan ore Perusda dengan alasan untuk kepentingan pemberdayaan Masyarakat.

Sementara itu Kades Huko-Huko, Sahabuddin yang dikonfirmasi melalui telepon seluler nya membenarkan jika dirinya yang menyurat dan meminta perusda menggunakan jalan di desanya. “Iya benar, itu demi kepentingan masyarakat juga, itu kan jalan desa ,” jelasnya.

Dia juga mengatakan bahwa sebagian besar warganya mendukung hal itu apalagi mereka mendapat kompensasi. “Warga dukung karena mereka juga dapat kompensasi, jadi seperti surat saya bahwa selama ini kami hanya dapat dampak bencana alamnya saja dari aktivitas tambang di wilayah kami, jadi ini demi kepentingan masyarakat,” paparnya.

Lanjutnya, warga yang protes penggunaan jalan desa itu adalah bukan warga Huko-Huko. “Yang protes itu bukan warga saya, pendatang itu, belum tercatat sebagai warga Huko-Huko, lagian jalan itu bukan jalan BTN itu jalan desa yang dibuat sejak beberapa tahun lalu, jadi saya kira tidak ada Masalah,” ujarnya. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top