MUNA

Kotak Suara “Kardus” di Muna Disemprot Anti Rayap

Kotak suara berbahan dasar "Kardus" di gudang KPU Muna masih aman dari serangan rayap. FOTO: Ahmad Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna memastikan kotak suara berbahan dasar “Kardus” yang tersimpan dalam gudang penyimpanan logistik masih aman dari kelembaban dan serangan rayap.  Sebab, untuk memaksimalkan penjagaan logistik tersebut pihaknya menugaskan pengawas dan penjaga khusus untuk memonitoring keadaan logistik kotak suara yang berbahan dasar “kardus” tersebut.

“Setiap tiga hari disemprotkan anti rayap. Jadi sudah ada yang ditugaskan di gudang untuk menyemprotkan anti rayap,” ungkap Ketua KPU Muna Kubais pada Kolaka Pos saat ditemui di ruang kerjanya kemarin.

Menurut Kubais, jumlah kotak suara  berbahan dasar karton yang kedap terhadap air yang akan digunakan  untuk Pemilu pada April mendatang di kabupaten Muna yakni mencapai 34.562 buah. “Kita tinggal berhitung 624 kali lima kotak, ditambah dengan 22 kecamatan, dikali 11. Berapa kotaknya? Tinggal dihitum itu dan sejumlah itu yang sampai disini,” ucapnya

Kemudian, untuk pendistribusian logistik kotak suara kata dia, akan disalurkan paling lambat tiga hari sebelum pemungutan suara digelar. “Minimal paling lambat satu hari sebelum pemungutan suara dimulai sudah ada di TPS dia (Kotak Suara, red). Jadi, malam sudah ada di PPK, paginya sudah ada di tempat (TPS,red),” ujarnya

Kubais juga mengatakan, pihaknya akan berhati-hati saat melakukan pendistribusian logistik kotak suara. Sebab, dari 22 kecamatan di Kabupaten Muna, ada dua wilayah kecamatan yakni kecamatan Towea dan kecamatan Marobo merupakan wilayah pendistrubusian kotak suara menggunakan perahu kecil. Karena pada 2014 silam, terjadi insiden dimana kotak suara yang mereka bawa jatuh kedalam air. “Disana tidak ada perahu besar, jadi kita gunakan perahu sederhana. Maka  untuk menjaga keamanannya, kotak suara akan dibungkus dengan plastik. Hal ini pernah terjadi di 2014, pada saat di Marobo, mau menyebrang ke desa Tapi-Tapi, jatuh itu kotak suara. Beruntung saat itu semua kotak suara kita bungkus pake plastik,” tandasnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top