KONAWE SELATAN

Bupati Konsel Tuntaskan Program SLBM di Ponpes MT

Bupati Konsel saat meresmikan MCK Ponpes MT, ditandai dengan penandatanganan batu parasasti didampingi oleh pimpinan Ponpes MT Ustadz Wildan. FOTO: Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, meresmikan penggunaan fasilitas Mandi Cuci dan Kakus (MCK) di Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajut Thullab (MT), Desa Andoolo, Kecamatan Buke, Jum’at (4/1/).
Sarana MCK tersebut, merupakan bantuan Pemerintah Daerah (Pemda), bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang melekat di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPTR) Konsel Desember 2018 lalu, yang dikerjakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) PPMT.
Dalam sambutannya, Bupati Konsel Surunuddin Dangga menyampaikan bahwa, bantuan ini merupakan bentuk tanda terima kasih dan apresiasi atas keberadaan Pondok Pesantren (Ponpes), dalam membentuk manusia yang mengerti dan paham dari arti nilai-nilai keagamaan yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur.
“Fasilitas MCK plus yang kita bangun di Kompleks Masjid Jami’ Baiturrohman Ponpes MT ini, merupakan program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat (SLBM) dengan total anggaran sebesar Rp345.000.000 tahun 2018, sebagai penunjang dalam menjaga kebersihan dan kesehatan para santri dan masyarakat saat beraktifitas,” jelas Surunuddin.
Ini merupakan sarana vital yang menjadi salah satu perhatian Pemda, agar PPMT dapat lebih fokus dalam mencetak dan memajukan santri yang sehat, berilmu dan berwawasan luas. Surunuddin berharap dengan adanya fasilitas MCK, seluruh kegiatan di pondok ini dapat berjalan lebih baik dalam suasana nyaman.
“Untuk mendukung kegiatan keagamaan lainnya, tahun ini juga akan dibangun Islamic Center yang bisa dipakai oleh siapa saja, termasuk acara khalayak yang membutuhkan fasilitas dalam ruangan. Olehnya itu saya minta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, mengenai setiap program yang Pemda canangkan agar berjalan sukses dan lancar, demi terwujudnya masyarakat Konsel yang sejahtera,” imbuhnya.
Sementara itu, pimpinan PPMT Ustadz Wildan dalam acara tersebut mengatakan, atas nama keluarga besar Pondok Pesantren dan masyarakat sekitar, mengucapkan terima kasih teriring do’a Jazakumullahu Ahsana Jaza kepada Bupati Surunuddin dan jajaran Dinas PUTR Konsel, atas bantuan pembangunan sarana MCK tersebut, semoga membawa berkah dan manfaat untuk umat.
Suasana yang sama, Tokoh Masyarakat yang juga Ketua KSM yang melaksanakan pembangunan MCK Samekto Utomo, juga ikut menyampaikan terimakasih kepada Bupati Konsel, karena bantuan yang diberikan merupakan kebutuhan masyarakat dan pondok yang sangat vital, dan berharap semoga kedepan diberikan bantuan lagi berupa penambahan bangunan asrama. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top