MUNA

KPU Muna Lelang 1.117 Kotak Suara Aluminium

KOLAKAPOS, Raha — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna akan segera melelang sebanyak 1.117 kotak suara berbahan alminium yang sudah digunakan sejak 2004 silam. Lelang tersebut dilakukan lantaran kotak suara berbahan alminium tersebut dinilai tidak sesuai dengan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 dimana dalam undang-undang tersebut mengamanatkan kotak suara Pemilu harus transparan.

Ketua KPU Muna Kubais mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan proses perizinan ke Sekertaris jenderal (Sekjen) KPU RI agar pihaknya dibolehkan untuk melelang ribuan kotak suara alminium tersebut. “Lelangnya harus ada izin Sekjen KPU RI dan sekarang lagi proses,” ujarnya

Kubais juga mengatakan, kondisi ribuan kotak suara berbahan alminium milik KPU Muna masih dalam keadaan baik. Kendati demikian kata dia, kotak suara tersebut sudah tidak bisa digunakan untuk Pemilu April mendatang. Sebab KPU RI telah menetapkan kotak suara yang akan digunakan pada Pemilu April mendatang hanya menggunakan kotak suara terbuat dari karton berbahan duplex yang kedap air serta di satu sisinya transparan. (m1/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top