BERITA UTAMA

Hari Ini, 35 Kades Terpilih Dilantik

Bupati Koltim H Tony Herbiansyah Saat Diwawancara Sejumlah Awak Media

KOLAKAPOS, Tirawuta–Sebanyak 35 Kepala Desa (Kades) terpilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2 Desember 2018 lalu, sesuai jadwal akan dilantik pada hari ini Senin (7/1) di aula kantor Pemda Koltim . Hal itu diungkapkan oleh Bupati Koltim, H Tony Herbiansyah kepada awak media saat ditemui di kantor Inspektorat Koltim.

“Insya Allah, kan sudah tidak ada masalah jadi kita rencanakan pelantikan tanggal 7 Januari 2019 mendatang. Lebih cepat lebih baik,” ungkapnya.

Sambung dia, lebih cepat lebih baik artinya sangat berkaitan dengan pengelolaan dana desa. “Kalau kita tunda terlalu lama, siapa yang akan bertanggung jawab terhadap dana desa, sehingga tanggal 7 dianggap baik karena mereka mulai awali tahun jadi bisa bertanggung jawab secara penuh dalam satu tahun,” jelasnya.

Olenya itu, Selaku Kepala daerah Kabupaten Koltim, Tony Herbiansyah berpesan kepada kades terpilih setelah dilantik nantinya tidak boleh seenaknya mengganti aparat desa mengingat semua itu memiliki ketentuan yakni, enam bulan setelah dilantik tidak boleh ada penggantian. Kedua tidak boleh seenaknya mengganti aparat desa yang sudah terlatih, kalau diganti lagi maka orang baru tersebut akan mulai belajar dari nol, kita tau dalam pengelolaan dana desa ini tidak semudah membalikan telapak tangan. Ketiga harus bekerja dengan baik dalam melayani masyarakat. Pilkades itu hasil pilihan masyarakat jadi dia harus kembali mengabdikan dirinya ke masyarakat dengan ikhlas dan tulus sehingga hal-hal yang telah mereka janjikan betul-betul bisa terealisasi.

“Kades terpilih juga nantinya harus merangkul semua pihak baik itu lawan politiknya maupun pendukungnya mengingat statusnya kades bukan lag calon kades,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Koltim, Hanaruddin menyampaikan,
pihaknya sudah menjadwalkan pada 7 Januari 2019 mendatang.

“Tapi kembali lagi kesiapan beliau dalam hal ini Bapak Bupati, jangan sampai kita sudah siap beliau lagi yang tidak ada ditempat,” katanya.

Sementara untuk kelengkapan atribut maupun seragam itu semua diserahkan pada masing-masing Kades terpilih untuk menanggung.

Dia menambahkan, semua berkas kades juga sudah diterima setelah penetapan di Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) meskipun ada beberapa anggapan penyimpangan terhadap PPKD, kami hanya mengikuti aturan yang berlaku jadi proses pelantikan tetap dilaksanakan.

Ia berharap untuk kades terpilih khususnya kades baru menjabat diperiode ini agar tidak bersikap arogan terhadap aparat desa yang dikarenakan sifat sentimen.

“Semua kades nantinya kami akan kumpulkan agar kemudian diberikan pengarahan agar kades terpilih yang baru menjabat tidak bersikap arogan serta seenaknya mengganti perangkat desa, semua ada aturannya,” cetusnya.

Adapun nama-nama kades terpilih diantaranya, Kecamatan Tirawuta, Yusuf D, BA (Desa Lalingato), Ekisman (Tawainalu), Aryanto Ardjun (Poni-poniki), Artis Abbas (Orawa), I Made Winada STp (Tasahea). Kecamatan Ladongi, I Nyoman Yasa (Putemata) dan Lapati Bacci (Wungguloko). Kecamatan Dangia, H Kamaruddin (Dangia) dan Sutrisno Handoko (Gunung Jaya). Kecamatan Poli-polia, Nyoman Suwersa (Wia-wia), Sahabuddin (Pole Maju Jaya), Usman Batjo (Pangi-pangi) dan Kisman S (Tokai). Kecamatan Aere, M Ukkas (Iwoimenggura), Sulaeman (Aladadio), Suplin Weturunga (Watowoha), M Yusuf Rahim (Aere).
Kecamatan Lambandia, Wahyudin (Penanggosi), Akbar Sabiruddin (Bou) dan Asis (Mokupa). Kecamatan Tinondo, Altin (Lamunde), Ambo Sakka (Tawarombadaka),
A Hasanuddin (Ameroro), Muh Arsyad (Solewatu), Saidin Baranggali (Ambapa). Kecamatan Lalolae, H Muh Yunus (Lalosingi). Kecamatan Mowewe, Abdul Muis (Nelombu), Ika Ayu Lestari, Amd keb (Ulu Mowewe), Alimuddin (Puuosu), Mugni (Watupute). Kecamatan Uluiwoi, Masdin (Pehanggo), Aras (Tondowatu), Muliadi (Undolo). Kecamatan Ueesi, Mursalim Armin Babe (Porabua) dan Guntur (Liku Walanapo). (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top