METRO KOLAKA

5 Hari Dicari, Warga Samaturu Belum Ditemukan

Tim Rescue Pos SAR Kolaka yang dibantu aparat setempat masih melakukan penyisiran di hutan Desa Awa, Kecamatan Samaturu, Kolaka. FOTO: Humas Basarnas Kendari for Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Hingga hari ke lima pencarian Kasa (70) warga Desa Awa, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka, Sultra belum ditemukan. Sejak dilaporkan hilang pada Jumat (4/1) lalu, perempuan lansia itu belum juga ditemukan. Tim Rescue Pos SAR Kolaka yang dibantu aparat setempat masih melakukan penyisiran di hutan sekitar wilayah tersebut.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi mengatakan, Tim Rescue Pos SAR Kolaka bersama potensi di lapangan masih melakukan pencarian terhadap nenek yang hilang itu. Mereka menyisir hutan belantara di sekitar kecamatan Samaturu yang diduga sebagai tempat hilangnya korban. “Kondisi di Lapangan tim harus melewati medan yang berbukit-bukit dan cukup terjal sehingga memperlambat tim Sar gabungan dalam melakukan penyisiran di mana untuk titik tertingginya mencapai 335 meter di atas permukaan laut
(mdpl),” ungkap Wahyudi saat dikonfimasi Kolaka Pos melalui pesan WhatsApp Selasa (8/1) malam.

Ia menjelaskan, kendati melalui medan yang sulit, tim Sar masih terus melakukan pencarian. Rencananya, pada hari ini tim Sar akan fokus melakukan pencarian di lokasi sekitar hutan Desa Konaweeha yang merupakan salah satu desa yang tak jauh dari lokasi hilangnya. “Untuk pencarian besok (hari ini, red) yang sudah memasuki hari ke 6 Tim akan fokus di lokasi sekitar Hutan Desa konaweeha, dimana pada hari ini juga mendapat informasi terbaru bahwa pada hari Sabtu (5/1) sekitar pukul 10.00 Wita korban sempat terlihat oleh warga yang melintas di penurunan jalan setapak Desa Konaweeha mengarah ke jalan aspal. Tim saat ini sedang memastikan kebenaran info tersebut untuk ditindaklanjuti dengan pencarian di lokasi yang disebutkan tersebut untuk dilakukan penyisiran,” terangnya.

Wahyudi menambahkan, dalam melakukan pencarian tim Sar juga menambah personel hingga lima orang. “Tadi (kemarin, red) ada tambahan tiga orang termasuk Korpos Kolaka, Asep yang pimpin langsung pencarian,” ujarnya.

Dikatakannya, sejumlah unsur yang terlibat dalam pencarian di antaranya, personel dari Polsek Wolo, Babinsa Desa Awa, SAR USN
dan masyarakat setempat. “Sesuai SOP kami, pencarian dihentikan setelah tujuh hari. Akan tetapi operasi dapat dibuka kembali apabila ditemukan adanya tanda-tanda keberadaan korban,” tutupnya.

Untuk diketahui, Kasa dilaporkan hilang pada Jumat (4/1) pagi setelah sebelumnya mencari kayu di hutan Desa Awa, Kecamatan Samaturu, Kolaka. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top