METRO KOLAKA

TP PKK Kolaka Target Juara Nasional

Penyerahan piala kepada TP PKK Kolaka karena berhasil menjadi juara pada kegiatan lomba PKK 2017 lalu.ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Setelah menorehkan sederet prestasi, kini Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kolaka, kembali kedatangan tim penilai lomba pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK-Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)-Kesehatan, Selasa (8/1).

Ketua TP PKK Sultra, Agista Aryani Ali Mazi, dalam sambutannya yang dibacakan ketua tim penilai lomba pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan tingkat provinsi, Maswati Majid menyatakan, tujuan pelaksanaan lomba kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan adalah meningkatnya cakupan pelayanan yang merata, upaya kesehatan lingkungan di rumah dan pemukiman yang bersih dan sehat dan berkualitas dalam program pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga dan kesehatan sebagaimana tertuang dalam upaya pencapaian RPJM-RPJP, dengan tema “kita gerakkan keluarga dan masyarakat hidup sehat menuju Indonesia sejahtera”

“Kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan adalah intensifikasi peran gerakan PKK dalam program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga dan pembangunan kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu, dengan lintas sektor terkait disemua tingkatan wilayah dalam jangka membangun keluarga yang sejahtera,” ujarnya.

Menurutnya, pelaksanaan PKK-KKBPK-Kesehatan tahun 2018 berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana penilaian lomba PKK-KKBPK-Kesehatan diarahkan pelaksanaannya di kampung KB, karena kampung KB merupakan salah satu upaya untuk mendekatkan pelayanan program KKBPK kepada masyarakat dengan mengaktualisasikan delapan fungsi keluarga, yaitu fungsi agama, sosial, budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi dan lingkungan, serta membangun karakter bangsa melalui perwujudan keluarga kecil bahagia sejahtera.

“Sasaran Kampung KB utamannya adalah penduduk yang tinggal di wilayah miskin padat penduduk, kurang memiliki akses kesehatan, terpencil, pesisir, kumuh dan kesertaan ber KB masih rendah,” katanya.
Selain itu, mengingat kondisi kabupaten dan kota berbeda, maka lomba diadakan dengan dua kategori yaitu kabupaten dan kota.

Penilaiannya dibagi menjadi empat jenis lomba yakni pelaksana terbaik kegiatan kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat, pelaksana terbaik posyandu dan pelaksana terbaik PHBS di rumah tangga.
“Indikator penilaian untuk ke empat kategori lomba tersebut terdiri dari input atau masukan, proses dan output atau keluaran program, berdasarkan pada pedoman pelaksanaan kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan 2018. Kegiatan penilaian ini dilaksanakan disetiap jenjang mulai dari tingkat desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, hingga di tingkat provinsi. Kemudian terbaik tingkat provinsi nanti, akan dikirim ke tingkat pusat untuk selanjutnya dilombakan di tingkat nasional. Provinsi dan kabupaten/kota yang menjadi nominasi pelaksana terbaik tingkat nasional akan diadakan pengecekan lapangan oleh tim penilai pusat,” tutupnya.

Sementara itu, ketua TP PKK Kolaka Hj. Herti Ahmad Safei menjelaskan, penilaian yang dilakukan TP PKK provinsi bukan hal baru. Apalagi pada tahun sebelumnya Kolaka meraih juara III pada lomba yang sama.
“Pada hari ini (kemarin, red) kami ada penilaian (lomba pelaksana terbaik kesatuan gerak PKK-KKBPK-Kesehatan, red) dari provinsi. Ini penilaian 2018 memang baru mau dilaksanakan Januari ini, tapi biasanya dilaksanakan akhir tahun. Mudah-mudahan di tahun ini ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya.

Ia menambahkan, penilaian lomba kali ini lebih berfokus pada Pokja IV yang membidangi kesehatan. “Selesai nanti pelantikan (periode kedua ketua PKK Kolaka, red), kita akan bekerja lebih maksimal lagi untuk kegiatan-kegiatan lomba PKK yang setiap tahun dilaksanakan, termasuk juga PKK-KKBPK-Kesehatan ini. Semoga dalam penilaian sebentar (kemarin, red) di Samaturu membuahkan hasil yang maksimal sesuai harapan kita bersama. Ada tiga titik penilaian disana (kecamatan Samaturu, red), terdiri dari desa Sani-sani, Ulu Konaweeha dan di kecamatan,” jelasnya.

Labih lanjut dijelaskannya, sebelum kecamatan Samaturu wakili Kolaka pada lomba tingkat provinsi ini, TP PKK Kolaka terlebih dahulu melakukan penilaian di 12 kecamatan yang ada di Kolaka. Hasilnya, di tiga titik yang ada di Samaturu yang terbaik dan berhak mewakili Kolaka. “Kami optimis bisa juara, apalagi memang setiap tahunnya kita dapat juara. Mudah-mudahan kedepannya lebih maju dan lebih sukses. Target juara nasional lah,” harapnya yang diamini wakil ketua I TP PKK Kolaka, Hj. Ende Jayadin.

Untuk diketahui, pada kegiatan tersebut TP PKK Sultra juga menyerahkan piala kepada TP PKK Kolaka, karena berhasil menyabet juara I lomba PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di rumah tangga tingkat provinsi Sultra 2017, kemudian juara I lomba lingkungan bersih dan sehat tingkat provinsi Sultra 2017, selanjutnya juara III lomba PKK-KB-Kesehatan tingkat provinsi Sultra 2017 dan juara harapan I lomba posyandu tingkat provinsi Sultra 2017. (wir)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top