BERITA UTAMA

Kejaksaan dan USN Teken MoU Pendampingan Proyek Pembangunan di USN

Foto bersama sesuai penandatanganan MoU antara Kejaksaan Kolaka dan USN

KOLAKAPOS, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kolaka terkait pendampingan proyek-proyek pembangunan di lingkup USN Kolaka. Mou tersebut ditandatangi bersama antara Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka , Taliwondo dan Rektor USN Kolaka Azhari di Kampus USN Kolaka pada 9/1.

Dalam MoU tersebut keduanya sepakat proyek-proyek pembangunan di lingkup USN Kolaka akan dipantau oleh Kejari Kolaka.
Rektor USN Kolaka, Azhari usai penandatanganan MOU mengatakan, tahun 2019, USN Kolaka diberikan kepercayaan untuk mengelola dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) sejumlah Rp 59 miliar untuk beberapa item pekerjaan pembangunan kampus USN di Popalia Tanggetada.

Menurutnya, dana SBSN yang dipercayakan kepada USN Kolaka merupakan dana yang cukup besar sehingga kata Azhari dana tersebut perlu dikelola dengan baik dan diawasi agar tidak menimbulkan hukum ke depannya.
“Pengalaman kemarin ada proyek pembangunan bermasalah pada tahap pertama di tahun 2015, dan Mudah-mudahan proyek pembangunan kali ini tidak ada lagi masalah, dengan adanya MOU ini,” ungkap.

Azhari juga berharap semua pengelola SBSN bekerja sebagaimana fungsinya dan tidak ada intervensi agar tidak menimbulkan masalah hukum nantinya. “Tujuan kita agar pekerjaan-pekerjaan ini dapat beres tanpa ada masalah hukum,” bebernya.
Sementara itu, Kepala Kejari Kolaka, Taliwondo menegaskan, Kejaksaan siap memberikan pendampingan proyek-proyek pembangunan di lingkup USN Kolaka di bidang perdata dan tata usaha negara. Tetapi apabila dikemudian hari muncul masalah hukum baik perdata maupun pidana maka Kejaksaan akan memprosesnya.

“Beberapa hal harus diperhatikan oleh pengelola SBSN, yaitu Administarsi, Teknis, dan Keuangan (ATK), sebab itu akan menjadi objek audit BPK, makanya ketiga itu harus diperhatikan,” tutur Taliwondo.
Lanjutnya kejaksaan juga mengapresiasi USN dengan membuat nota kesepahaman tersebut. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top