BERITA UTAMA

Kota Kendari Kembali Dianugerahi Penghargaan Adipura 

Plt. Wali Kota Kendari Saat Menerima Penghargaan Adipura. Humas Pemkot For Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kendari — Kota Kendari kembali dianugrahi Penghargaan Adipura yang ke-10. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Pelaksana Tugas (Plt), Walikota Kendari Sulkarnain Kadir dari Wakil Presiden RI H. Jusuf Kalla di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Senin 14 Januari 2019.

Bukan hanya itu, namun Kota Kendari menerima dua penghargaan, yakni Penghargaan Adipura untuk kategori Kota Sedang dan Taman Kota Terbaik. Kedua penghargaan ini merupakan pelengkap dari dua penghargaan yang diterima Kota Kendari pada Desember 2018 lalu, yaitu penghargaan Adiwiyata Mandiri dan Penghargaan Adiwiyata Nasional untuk tingkat sekolah.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr.Ir.Siti Nurbaya,M.Sc dalam laporannya berharap melalui Program Adipura, seluruh kota di Indonesia sedikitnya dapat mencapai 3 hal, pertamma sesuai UU Nomor 18 tahun 2008 tentang pengelolaan sampah, maka pada tahun 2018 ini, sudah harus dilaksanakan 3 kewajiban Pemerintah Daerah untuk melakukan penutupan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), yang masih menggunakan sistem pembuangan terbuka (Open dumping), serta menggantikannya dengan mengoperasikan TPA dengan sistem lahan urug saniter (sanitary landfill) atau sekurang-kurangnya sistem lahan urug terkendali (Controlled land fill);

Kedua, untuk memenuhi target nasional pengelolaan sampah sesuai Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga. Program Adipura termasuk bagian penting dalam aktualisasi dan kepemimpinan daerah dalam upaya mencapai target pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sampah 70 persen pada tahun 2025. Sehingga pada 2025 seluruh sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga dapat dikelola 100 persen. Artinya tidak ada lagi sampah yang dibiarkan begitu saja.

Dan yang terakhir, mendorong penerapan sistem pengelolaan sampah secara terpadu mulai dari hulu sampai dengan hilir di setiap Kabupaten/Kota.

Ditempat yang sama Plt. Wali Kota Kendari Sulkarnain mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat sehingga Kota Kendari kembali meraih penghargaan yang ke-10. “Semua ini tidak terlepas dari usahan yang dilaksanakan selama ini,” ucapnya singkat melalui pesan whatsappnya. Senin, (14/01). (P2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top