METRO KOLAKA

Ledakan di Kantor Capil Kolaka Diduga Bom Molotov

Tim Inafis Polda Sultra dan Polres Kolaka saat melakukan pemeriksaan barang bukti yang ditemukan di tempat kejadian perkara (TKP). FOTO: Humas Polres Kolaka for Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Kepolisian Resor (Polres) Kolaka masih menyelidiki peristiwa ledakan yang terjadi di bagian belakang Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Kolaka yang terjadi Sabtu (14/1) dini hari. Dugaan sementara ledakan yang terjadi sekitar pukul 01.00 Wita itu disebabkan oleh bom molotov. Hal itu dibenarkan oleh Paur Subbag Humas Polres Kolaka, Bripka Riswandi.

Ia menjelaskan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari petugas jaga Satpol PP Pemda Kolaka, piket SPKT Regu III Polres Kolaka dipimpin Ipda Bachtiar Naka bersama dengan Unit Inafis Polres Kolaka langsung mendatangi lokasi kejadian untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). “Dari hasil olah TKP yang dilakukan, pada dinding kantor Capil kondisinya dalam keadaan rusak ringan serta ditemukan serpihan pecahan botol berwarna bening, dan serpihan pecahan botol berwarna hijau, tali rafia berwarna hijau sepanjang kurang lebih 1 meter dan serpihan kantong plastik berwarna hitam,” ungkapnya Riswandi dalam rillis yang diterima Kolaka Pos, Senin (14/1) malam.

Kemudian, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap barang bukti yang ditemukan di TKP itu, Unit Inafis Polres Kolaka bersama Inafis Polda Sultra yang dipimpin oleh Plh. Kasi Inafis Polda Sultra, AKBP Labaria Ladaima menyatakan bahwa ledakan kecil itu disebabkan oleh bom molotov. “Dugaan tersebut dikuatkan dengan serpihan pecahan botol yang ditemukan di TKP dan diindakasikan botol yang digunakan jumlahnya dua botol. Satu botol digunakan sebagai wadah untuk menyimpan bahan bakar jenis minyak tanah, dan satu botol lagi digunakan sebagai wadah menyimpan bahan berupa serbuk yang dapat membantu daya ledak. Kemudian kedua botol tersebut diikat menjadi satu menggunakan tali rafia. Selanjutnya, untuk mengetahui lebih jelas bahan serbuk yang digunakan selanjutnya akan dikirim ke laboratorium forensik,” terangnya.

Ia menambahkan, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa atau luka. “Menanggapi peristiwa ledakan yang terjadi, Satuan Reskrim Polres Kolaka langsung mengumpulkan informasi serta melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi guna melakukan penyelidikan lebih lanjut,” tandasnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top