METRO KOLAKA

Dinkes Lakukan Fogging Wilayah Rawan DBD

Petugas Dinkes Kolaka saat melakukan fogging pada pemukiman warga di Kolaka. FOTO: Istimewa/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Dinas Kesehatan melakukan fogging di sejumlah wilayah di Kabupaten Kolaka yang dianggap rawan terjadinya demam berdarah dengue (DBD). Sebagaimana dilaporkan saat ini adanya temuan kasus penderita DPD di Kolaka.

Hal itu disampaikan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Dinkes Kolaka, Madu saat ditemui di kantornya, kemarin (17/1). “Kita sudah lakukan fogging hari ini di Watubangga, sebelumnya di Kelurahan Kolakaasi dan Laloeha,“ ungkapnya.

Katanya, menurut laporan yang diterima dari Puskesmas tahun 2019 ini sudah ada 9 kasus temuan DBD. “Kalau menurut laporan dari puskesmas sudah ada 9 kasus, yaitu di Kolakaasi satu kasus, Laloeha 2 kasus, Watubangga 6 kasu. Dan semuanya kita sudah lakukan fogging ditempat itu,” paparnya.

Madu mengingatkan, kepada masyarakat untuk selalu wasapada terhadap penyakit yang disebabkan virus dari gigitan nyamuk itu. Apalagi saat ini masuk musim penghujan.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah daerah sudah mengeluarkan instruksi sejak tahun 2015 agar masyarakat selalu melaaksanakan program 3 m, yaitu menutup, menguras dan mengubur. Sehingga dengan mengikuti program itu, diharapkan kasus DBD di Kolaka bisa menurun. “Sudah ada instruksi bupati tahun 2015, melalui kades masyarakat dianjurkan mengikuti program 3 m setiap jumat dan melakukan pembersihan lingkungan,” tandasnya. (mir/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top