BERITA UTAMA

Rektor: USN Siap Perbaiki Jalan Rusak di Tanggetada

Jika Pemkab Kolaka Tetap ‘Tutup Mata’

KOLAKAPOS, Kolaka — Kondisi jalan di Desa Popalia, Kecamatan Tanggetada, Kabupaten Kolaka kian memprihatikan. Jalan yang menjadi akses utama menuju kampus baru Unviersitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka itu tak ubahnya bubur saat musim hujan. Begitu pula saat musim kemarau, debu beterbangan ke mana-ke mana.

Rektor USN Kolaka, Dr Azhari mengatakan jalanan rusak berjarak sekitar empat kilometer itu telah banyak memakan korban. Sejumlah mahasiswa maupun dosen USN kerap mengalami kecelakaan akibat kondisi jalan berlubang dan becek saat musim hujan. Kondisi itu sudah berlangsung cukup lama. Bahkan sebelum USN melakukan peletakan batu pertama pembangunan kampus di Popalia pada 2012 lalu.

Atas kondisi tersebut, Rektor menyayangkan sikap Pemkab Kolaka yang seolah tutup mata sejak lama. Padahal, pelayanan infrastrukstur jalan yang layak pakai merupakan salah tanggungjawab pemerintah terhadap pemenuhan kebutuhan masyarakat.

“Kampus itu bagian dari pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Dan izin institusi kampus itu merupakan izin dari pemerintah pusat, presiden yang tandatangan. Nah, kalau seperti jalan kampus tidak bagus, berarti pemerintah daerah tidak memberikan pelayanan yang bagus terhadap masyarakat,” sindir Azhari.

Namun demikian, Azhari menyatakan, jika pun pemerintah tidak bisa memfasilitasi perbaikan jalan itu, maka pihak USN siap mencarikan jalan untuk mendanai perbaikan jalan itu. “Kalau memang pemerintah beralasan tidak punya anggaran untuk perbaikan jalan itu, maka USN siap mencarikan dana. Dan, kita juga akan diadukan hal ini ke Ombudsman sampai dengan kementerian dalam negeri di Jakarta,” katanya.

Terpisah, Wakil Rektor I USN Kolaka, Prof. Dr Ruslin Hadanu, juga mengaku, pihaknya sudah beberapa kali mengusulkan kepada pemerintah agar jalan itu segera diperbaiki. Namun, usulan itu tampak tak direspon. “Waktu rapat di kantor DPRD Kolaka, saya juga pernah menyampaikan hal ini (usulan perbaikan jalan) tapi belum ada tanggapan,” ujarnya.

Sementara itu, kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Kolaka, Dwi Dharma yang dikonfirmasi terkait jalan rusak itu, belum bisa menanggapi lebih jauh. Katanya saat ini dia masih berada di luar daerah. “Saya masih di Jakarta, nanti hari Senin baru saya cek sekalian ke lokasi,” ujarnya singkat, melalui pesan WhatsApp yang diterima Kolaka Pos, Kamis (17/1) malam. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top