METRO KOLAKA

2019, USN Bidik Lima Prodi Baru

KOLAKAPOS, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka terus menunjukkan eksitensinya. Tahun ini, Kampus Merah Marun itu tengah membidik tambahan lima prodi studi (prodi) baru. Selain tambahan prodi, USN juga mengupayakan beberapa tambahan fakultas baru.

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Prof Dr Ruslin Hadanu, mengatakan enam prodi yang tengah diupayakan itu di antaranya tiga prodi kesehatan yakni, S1 Keperawatan, S1 Kebidanan, dan Kesehatan Masyarakat (Kesmas). Selain itu, ada dua prodi non kesehatan, yakni Ilmu Kelautan dan Pendidikan Fisika.

“Sekarang kita lagi mengusulkan prodi S1 Keperawatan dan Kebidanan, masih tahap previsi. Kalau Kesmas saat ini lagi moratorium, tetapi begitu sudah selesai moratorium kita langsung usulkan. Kalau prodi Pendidikan Fisika sudah diterima, sisa tunggu izin operasionalnya saja,” ungkap Prof Ruslin belum lama ini.

Selain itu, perguruan tinggi negeri (PTN) yang dinahkodai Rektor Dr Azhari itu juga akan melebur beberapa fakultas. “Pokoknya selama 2019 sampai 2022 nanti kami perkirakan akan ada tambahan empat sampai enam prodi baru. Kemudian fakultas juga kita sudah mulai lebur, nanti ada Fakultas Sains dan Kesehatan, Fakultas Ekonomi, dan Fakultas Ilmu Perikanan dan Kelautan. Kemudian Fakultas Teknik kita kembalikan lagi menjadi satu fakultas tersendiri,” terangnya.

Ia juga mengungkapkan, dengan adanya 104 dosen baru yang diterima USN tahun ini diharapkan semakin membantu proses penambahan prodi-prodi tersebut. “Kita berharap nanti dengan CPNS baru yang diterima USN tahun ini berjumlah 104 orang, termasuk ada tiga orang dosen keperawatan akan semakin mempercepat kinerja kita. Saya akan lebih fokuskan lagi mereka bekerja untuk membuat proposal, kalau sudah SK 80 persen,” tandasnya. Untuk diketahui saat ini USN memiliki 25 prodi dan enam fakultas. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top