KONAWE SELATAN

Babinkamtibmas Jadi Garda Terdepan Tekan Kriminalitas di Konsel

Kapolres Konsel AKBP Dedy Adrianto, SE.,MH.

KOLAKAPOS, Andoolo — Kepolisian Resort (Polres) Konsel, mengedepankan Bintara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Babinkamtibmas), untuk menekan tingkat kriminal di wilayah Konsel. Hal tersebut diungkapkan Kapolres Konsel AKBP. Dedy Adrianto, beberapa waktu lalu.
Dikatakannya, dengan kondisi Polres Konsel yang hanya 374 personel, terbagi di Polres sebanyak 150 orang dan sisanya di Polsek, itupun ada Polsek yang personelnya hanya sembilan orang saja. Maka pihaknya akan lebih mengedapankan Babinkamtibmas, untuk menekan tingkat kriminal.
“Gunanya Babinkamtibmas, pertama kita akan memberdayakan masyarakat terutama untuk pengungkapan pemberian informasi, contohnya kasus Curanmor beberapa waktu lalu, hal ini cepat terungkap karena masyarakat memberikan informasi kepada pihak Polres Konsel, sehingga kami bergerak cepat menangkap pelaku,” jelasnya.
Lanjutnya, Polres Konsel akan memberdayakan Babinkamtimas, untuk menggalang masyarakat memberikan informasi dalam hal apa saja. “Jadi bukan hanya terkait kriminal saja, kagiatan apa saja yang pihaknya bisa datangi untuk menjalin silaturahmi dan komunikasi untuk kedepannya, silahkan dilaporkan. Bahkan pada setiap kunjungan kerja (Kunker), saya sudah sebar nomor HP sehingga memudahkan masyarakat untuk menyampaikan informasi. Ini sangat membantu, seperti kasus judi di Tinanggea ada laporan, saya langsung share ke Polsek Tinanggea dan tindaklanjuti,” ungkapnya.
Dedy Adrianto berharap, agar masyarakat juga membantu dan mensupport pihak Kepolisian, salah satunya dengan menghidupkan Siskamling (Sistem Keamanan Lingkungan), di wilayah masing-masing.
“Saya lihat banyak pos Kamling di Konsel, tapi tidak aktif. Mungkin tidak ada yang ronda, karena dianggap kondusif padahal tidak ada yang aman maupun kondusif. Untuk itu agar semua berjalan kondusif, Babinkamtibmas berkolaborasi dengan Kades,” imbuhnya. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top