BERITA UTAMA

Edy Gunawan Arafiq, Anggota DPRD Kolaka: Pilkades Popalia Harus Jadi Evaluasi Pilkades Berikutnya

KOLAKAPOS, Kolaka — Pemilihan Kepala Desa Di Desa Popalia yang berujung terjadi sengketa atau perselisihan antara calon mendapat perhatian dari anggota legislatif Kolaka. Edy Gunawan Arafiq, legislator PKS yang juga anggota Komisi I DPRD Kolaka menyayangkan terjadinya perselisihan atau sengketa tersebut. Dia menyatakan Pilkades Popalia harus menjadi bahan evaluasi untuk penyelenggaraan Pilkades ke depannya di Kolaka.
“Ini kayanya satu satunya terjadi di Indonesia, dimana anak dan bapak yang menjadi calon dan kemudian bersengketa hasilnya, makanya menurut saya ini harus menjadi bahan evaluasi untuk kedepannya,” terang Edy Gunawan.
Lanjutnya aturan Pilkades harus dievaluasi kembali juga dengan melihat kronologi terjadinya sengketa di Pilkades Popalia. “Aturan Pilkades harusnya kemudian dievaluasi juga dengan melihat kronologi munculnya sengketa di Popalia, agar hal ini terulang kembali,” terangnya.
Lanjutnya, Pilkades Popalia dinilainya memang terjadi kejanggalan atau keanehan. “Jadi ada keanehan memang kalau dilihat kronologi dan hasilnya, semua orang disana tahu itu, makanya untuk kedepannya aturannya mestinya diperketat lagi,” tegas Edy.
Dia juga mengatakan jika masih seperti itu, dia yakin akan ada Pilkades-pilkades seperti itu. “Kalau masih begitu, saya yakin segala cara dengan bermain curang akan dilakukan oleh calon kades yang penting hasilnya dia yang menang,” tuturnya.
Terkait keputusan Bupati Kolaka mengenai masalah Pilkades di Popalia Edy Gunawan mengatakan dirinya belum melihat keputusannya. “Saya belum lihat keputusannya, tapi mudah mudahan saja keputusannya bisa diterima oleh masyarakat disana, dan saya juga berharap masyarakat disana bisa menerima keputusan itu apapun hasilnya , karena aturannya memang begitu semuanya berujung di Bupati,” ujarnya. (mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top