KOLAKA TIMUR

Dinas Pendidikan Koltim Perioritaskan Pembangunan Sekolah

KOLAKAPOS, Tirawuta– Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dikmudora) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Sulawesi – Tenggara (Sultra) terus menggenjot pembangunan fasilitas kantor sekolah di Koltim. Ketika kita menoleh 5 tahun yang lalu, dunia pendidikan di Koltim saat ini memang sangat berbeda, pembenahan dilakukan semua lini sekolah, mulai dari kualitas pendidikan, murid, guru, orang tua murid hingga fasilitas sarana dan prasarana sekolah mulai Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah menengah Pertama (SMP) terus mengalami kemajuan.

Usai peresmian Kantor Sekolah SMPN 1 Tirawuta dihadapan awak media, Kadis Dikmudora Surya Hutapea mengatakan tahun ini semua pembangunan kantor sekolah akan dihabiskan, dan itu tersisa sedikit karena yang lainya sudah selesai. ”Bagimana mereka dapat mengetahui problema- problema terkait bagaimana sekolah di control. Kalau tidak ada ruang tempat berdiskusi, bahkan SMP Lambandia juga seperti SMPN 1Tirawuta akan kita resmikan, kemudian kita berikan 10 unit tambahan komputer di SMPN Lambandia”, cetusnya. Untuk anggaranya kita kolaborasi, kalau kita dapat Dana Alokasi Khusus (DAK) berarti kita tidak masukan di APBD.

Dijelaskan, DAK pendidikan itu tidak sama dengan DAK kesehatan, kalau pendidikan pagar itu tidak bisa DAK tapi harus Dana Alokasi Umum (DAU), seperti Kantor Sekolah itu DAK jadi ada beberapa keterbatasan memang tidak bisa DAK tapi harus DAU. Di tanya soal bagi pelajar SD dan SMP di larang membawa Handphone(HP) saat jam sekolah. ”Larangan membawa HP ini berlaku di seluruh SD dan SMP di Koltim, dan berlaku di Jam Sekolah”, tegasnya.

Kadis Dikmudora pun membeberkan beberapa keberhasilan yang telah di capai selama ini di antaranya pemberian Bea Siswa bagi yang tidak mampu melalui Bidik Aksi, di mana bekerjasama dengan Dua universitas. Pengangkatan guru Honor 870 orang, perpustakaan, jamban sekolah serta berbagai prestasi skala Nasional di mana beberapa Siswa mewakili Provinsi di tingkat Nasional seperti Gala Siswa, serta lomba Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) juga koltim yang mewakili.( M2/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top