KONAWE SELATAN

Februari, Pemilihan Calon Ketua IKAPTK Sultra Dihelat

Kepala Pusdatin Kemendagri Asmawa Tosepu (hitam) bersama Kabag Humas Setda Konsel Taufik Amin Lar (merah kanan), saat menghadiri kegiatan silaturahmi Alumni IPDN di pulau Bokori. FOTO: Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo —Alumni Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri (STPDN), atau Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) menggelar kegiatan silahturahmi antar angkatan se-Sulawesi Tenggara (Sultra), di Pulau Bokori Minggu 27 Januari 2019.

Silaturahmi tersebut, sekaligus dirangkaikan dengan rapat pembentukan panitia persiapan penyelenggaran Musyawarah Daerah (Musda), pemilihan Ketua Umum dan Harian Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongparajaan (IKAPTK) Tingkat Provinsi Sultra. Periode 2019-2024, yang dijadwalkan pada Februari mendatang.

Ketua Panitia kegiatan Fadlan mengatakan, Musda IKAPTK bulan depan untuk mengganti pengurus periode sebelumnya yang telah berakhir, dan harus terbentuk dan dikukuhkan sebelum Munas IKAPTK pada Maret 2019.

“IKAPTK merupakan organisasi, atau ikatan resmi dan tidak ada duanya, yang membawahi dan menkoordinir para alumni APDN, STPDN maupun IPDN di berbagai bidang,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Fadlan meminta kepada masing-masing perwakilan alumni yang hadir, agar mengajukan nama-nama formatur. Serta calon Ketua Umum dan Harian, yang akan dipilih secara aklamasi pada Februari mendatang.

“Hasilnya, mencuat nama Kepala Pusdatin Asmawa, Bupati Buton La Bakri, mantan Bupati Konsel H. Imran dan pejabat Eselon lainnya, yang tersebar pada pemerintahan tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota lainnya,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kemendagri Asmawa Tosepu menyampaikan bahwa, kurang lebih 300 jumlah alumni STPDN/IPDN se-Sultra, seharusnya dapat meningkatkan tali silahturahmi sesama alumni. Untuk memperkokoh persatuan, sehingga dapat saling menyokong dalam segala hal, dengan harapan para alumni tidak tertinggal pada semua asfek.

“Dua semangat pada pertemuan kali ini, yakni semangat adanya kekuatan besar yang ada dalam diri purna praja STPDN/IPDN, dan semangat mengobarkan silahturahmi anak bangsa, khususnya alumni asal ataupun yang ditempatkan di Sultra. Yang disatukan dalam satu ikatan besar yang telah terbentuk, baik tingkat nasional maupun Provinsi, Kab/Kota, yakni dalam wadah IKAPTK,” jelasnya.

Asmawa berharap, melalui pertemuan ini, kepengurusan sebelumnya yang agak vakum, bisa dievaluasi dan kemudian dikuatkan kembali, dengan membentuk organisasi sehat yang memang awalnya sudah berskala besar.

Terkait dirinya , sebagai calon Ketua terkuat dari hasil rapat tersebut, selaku putra daerah Sultra, dirinya merasa perihatin melihat perkembangan alumni di wilayah ini, yang menurutnya proses pengkaderan agak terhambat.

“Sehingga manakala saya diamanahkan sebagai Ketua, saya ingin merajut kembali wadah tersebut, menjadi sesuatu yang besar. Khususnya di daerah Sultra, dengan sistem pengkaderan terstruktur dan berkelanjutan, terutama membantu dalam rangka efektifitas pengelolaan pemerintahan menjadi lebih maju dan lebih baik,” optimisnya.

Secara umum, tambah Asmawa walaupun bertugas di pemerintah pusat, ia tetap akan membantu mengontrol perkembangan alumni dan mendorong pembangunan di Sultra, melalui sumbangsih pemikiran dan tenaga, sesuai jalur dan mekanisme yang saat ini diemban.

“Saya juga berpesan, agar para alumni membekali dirinya dengan kemampuan kompetensi dan loyalitas, serta dapat mempertanggung jawabkan amanah yang dipercayakan kepadanya, sehingga siapapun pemimpinnya bisa melihat potensi yang ada, pada personal tersebut untuk layak dipromosikan,” harapnya.

Sementara itu, Taufik Amin Lar yang juga alumni STPDN dan saat ini menjabat Kabag Humas Konsel, berharap dengan adanya pertemuan silahturahmi ini, dapat menumbuh kembangkan kebersamaan, kesetiaan terhadap alumni dan antar sesama, sehingga tidak terkesan jalan sendiri dan kedepan ketika ada kendala bisa saling berkomunikasi.

“Untuk menciptakan solusi pemecah masalah terbaik. Termasuk menjaga nama baik Pamong dan mampu menjadi contoh yang baik bagi masyarakat,” tukasnya.

Pada kegiatan tersebut, tampak hadir perwakilan seluruh angkatan, mulai dari angkatan pertama hingga angkatan terakhir (25), diantaranya Alumni STPDN angkatan ke lima yakni Kepala Pusdatin Kemendagri Asmawa Tosepu, AP.,M.Si, dan angkatan lain dari pejabat Eselon II dan III Konsel, yakni Kadis Litbang Putu Darta, Kabag Pemerintahan Anas Mas’ud, Camat Laonti Armunanto, serta beberapa pejabat eselon dari Pemerintah Provinsi dan Kab/Kota lainnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top