METRO KOLAKA

Dua Pencuri Spesialis Baterai BTS Diamankan

dua pelaku pencuri batrei tower Telkomsel (baju hitam) yang ditangkap polisi.

KOLAKAPOS, Kolaka —Dua tersangka spesialis pencurian baterai PT Telkomsel insial TA (26) dan NA (45) warga kota Kendari berhasil diringkus oleh anggota Satuan reserse dan kriminal (Satreskrim) Polres Kolaka di kota Kendari Sabtu (26/1). Keduanya merupakan bagian dari komplotan berjumlah sembilan orang. Penangkapan pelaku berdasarkan laporan PT.Telkomsel terkait hilangnya baterai Base Transceiver Station (BTS) yang terletak di jalan Pusara kelurahan Sabilambo, kecamatan Kolaka.

BTS adalah infrastruktur telekomunikasi yang memfasilitasi komunikasi nirkabel antara piranti komunikasi dan jaringan operator. BTS dibangun bersamaan dengan tower (menara) komunikasi.

Kasat Reskrim Polres Kolaka, AKP I Gede Pranata Wiguna mengatakan dua pelaku merupakan mantan karyawan perusahaan plat merah tersebut. “Dua tersangka berinisial TA (26) warga Kendari kemudian NA (45) yang juga warga Kendari berhasil kita ringkus di kota Kendari,” ungkapnya saat melakukan jumpa pers di kantor Polres Kolaka, Selasa (29/1).

Gede menjelaskan, para pelaku yang berjumlah sembilan orang itu, telah merencanakan aksi perncuria sejak dari Kendari. Mereka menuju Kolaka menggunakan dua unit kendaraan yakni satu unit truk dan minibus. Saat tiba di lokasi, salah seorang tersangka Tobias (45) menelepon sekuriti tower BTS. Ia bertugas memancing sekuriti agar meninggalkan pos jaganya. Saat dirasa aman, komplotan tersebut lalu masuk melalui pintu belakang dan mengangkut baterai satu persatu ke atas truk. “Jadi adapun jumlah baterai yang diambil para pelaku sebanyak 24, diperkirakan kerugian mencapai 24 juta rupiah, ” jelasnya.

Kedua tersangka ditangkap di Kendari setelah tim Resmob Satreskrim Polres Kolaka melacak nomor handphone yang digunakan Tobias untuk menghubungi sekuriti. Dari sembilan tersangka, hanya baru dua yang berhasil diringkus. Sedangkan tujuh tersangka lain saat ini masih dilakukan pengejaran. “Untuk saat ini dau tersangka dan 24 barang bukti kita sudah amankan di Polres Kolaka. Informasi mereka berdua merupakan mantan karyawan PT.Telkomsel. Pengakuan tersangka selain melakukan di Kolaka juga pernah melakukan pencurian serupa ditempat lain jadi para pelaku spesialis pencurian baterai PT.Telkomsel. Berdasarkan keterangan pelaku rencananya mereka akan menjual kepada pengusaha besi tua tapi aksi tersebut kita gagalkan sebelum mereka melakukan penjualan. Adapun pasal yang kita sangkakan yakni pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara,” tutupnya. (k9/mir/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top