Dosen USN Didorong Perbanyak Publikasi Ilmiah

  • Bagikan
Rektor saat melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah pejabat fungsional USN Kolaka di Auditorium USN, Rabu (6/2). FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

Rektor Lantik Pejabat Fungsional, Termasuk 6 Dekan Terpilih

KOLAKAPOS, Kolaka -- Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Azhari mendorong agar dosen di kampus yang dipimpinnya aktif menghasilkan banyak publikasi ilmiah yang terindeks Scopus. Upaya ini dilakukan untuk mendongkrak rating Kampus Merah Marun itu di Portal Scopus atau Sinta (Science and Technology Index), yang saat ini masih berada pada urutan 500-an.

Selain untuk mendongkrak rating kampus di portal jurnal internasional, upaya itu juga sebagai syarat agar dosen USN bisa diangkat menjadi wakil dekan di sejumlah fakultas yang saat ini masih dijabat pelaksana tugas (plt). Hal itu ditekankan Azhari saat memberi sambutan pelantikan sejumlah pejabat lingkup USN, Rabu (6/2).

"Bulan depan ada pelantikan lagi untuk jabatan wakil dekan. Tapi syaratnya yang bisa jadi wakil dekan adalah yang bisa menembus Scopus. Kalau tidak bisa menembus jurnal tidak usah dilantik jadi wakil dekan defenitif. Saya ingin mengangkat rating USN yang ada di Scopus dan Sinta. Karena jika setiap dosen dan wakil dekan bisa membuat jurnal, maka tahun ini grade USN bisa naik," ujarnya.

Untuk diketahui, Scopus adalah pangkalan data pustaka yang mengandung abstrak dan sitiran artikel jurnal akademik. Scopus mengandung kurang lebih 22.000 judul dari 5.000 penerbit, 20.000 di antaranya merupakan jurnal tertelaah sejawat di bidang sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial (termasuk kesenian dan humaniora).

Pada pelantikan yang digelar di Auditorium USN itu, Rektor mengambil sumpah sejumlah pejabat struktural yang menduduki posisi Wakil Rekor (WR), Dekan dan Kepala UPT Laboratorim Terpadu. Di antaranya, Ruslin Hadanu yang kembali dilantik sebagai WR I, Vita Astini Plt WR II yang sebelumnya sebagai Bendahara Pengeluaran, serta Achmad Lamo Said kembali menjadi WR III.

Syahrir Sahaka sebelumnya menjabat WR II kini mendapat tugas baru sebagai Dekan Fakultas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (FPPP). Kemudian Nur Ihsan sebagai dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Yahyanto sebagai Dekan fakultas Hukum, Nursamsir sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Qamaddin sebagai Dekan Fakultas Teknik Informasi (FTI), Fachriyano sebagai Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (Sainstek), Wayan Pageyasa sebagai ketua LPPM-PMP, Mustafa Kepala UPT Laboratorium Terpadu dan Syamsul Rijal menjadi Plt Kepala UPT Perpustakaan. (kal)

  • Bagikan