BERITA UTAMA

KPU Bakal Buka Posko di USN

Komisioner KPU Sultra Iwan Rompo (tengah), Wakil Rektor III USN Achmad Lamo (ketiga kanan), kasubag Humas USN Rahman Syawal (ketiga kiri), serta para staf KPU Sultra sempatkan pose bersama usai berdiskusi di Gedung Rektorat USN Kolaka, Jumat (15/2). FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

Untuk Mempermudah Mahasiswa Rantau Urus Formulir A5

KOLAKAPOS, Kolaka — Bagi mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka ber Kartu Tanda Penduduk (KTP) di luar daerah tampaknya tak perlu repot-repot lagi pulang kampung saat Pemilu 2019 nanti. Pasalnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan memfasilitasi agar mahasiswa perantauan bisa menyalurkan hak pilihnya di Kolaka saja. Syaratnya, mahasiswa terlebih dahulu harus mengurus formulir A5 atau surat pindah memilih terlebih dahulu.

Nah, untuk mempermudah pengurusan formulir A5 itu, KPU akan menjemput bola dengan membuka posko pelayanan di areal kampus USN. Hal itu diutarakan komisioner KPU Sultra, Iwan Rompo saat menyambangi Kampus USN Kolaka kemarin (15/2).

“Tadi saya sudah komunikasi dengan pihak rektorat USN, dan dibolehkan membuka posko di lingkungan kampus. Jadi kita akan buka desk dengan peralatan terkoneksi internet, mahasiswa nanti cukup serahkan KTP nya, kemudian kita akan cek terdaftar dimana. Kalau misalnya terdaftar di Kolaka Utara kita akan sampaikan ke Kolaka Utara supaya pemilih ini ditandai dalam DPT Kolaka Utara, karena disini kita akan terbitkan surat pindah memilihnya,” ujar Iwan Rompo yang juga pelaksana komisioner KPUD Kolaka, Jumat (15/2).

Ia menambahkan, pembukaan posko pelayanan A5 di lingkungan kampus juga dilakukan di universitas lain di Sultra. Khususnya kampus yang memiliki banyak mahasiswa perantauan. “Kalau di Kota Kendari kita juga buka di Unhalu, ini juga untuk meminimalisir golput,” jelasnya.

Sementara itu Rektor USN Kolaka Azhari melalui Wakil Rektor III, Achmad Lamo memberi apresiasi terhadap langkah KPU untuk pembukaan posko pelayanan A5 di areal kampus. Apalagi kata Lamo, mahasiswa USN sebagian besar berasal dari luar daerah Kolaka. “Saya kira ini sangat bagus, agar mahasiswa juga tidak meninggalkan kuliah pada saat hari H pemilihan nanti,” kata Achmad Lamo usai menerima kunjungan Iwan Rompo, kemarin (15/2). (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top