METRO KOLAKA

Bawaslu Gelar Rakor Pengawasan Kampanye di Media Massa

Bawaslu Kolaka menggelar rakor pengawasan tahapan kampanye rapat umum dan iklan media massa, Senin (18/2). FOTO: Neno/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kolaka menggelar rapat koordinasi (rakor) pengawasan kampanye Pemilu 2019. Rakor yang menyertakan pihak panitia pengawas kecamatan (Panwascam) dan perwakilan media cetak dan elektronik itu digelar di salah satu hotel di Kolaka, Senin (18/2).

Komisioner Bawaslu Kolaka, Fatmawati mengatakan rakor yang digelar bertujuan memberikan pemahaman kepada anggota Panwascam dalam menghadapi kampanye di media massa yang akan dimulai pada 24 Maret sampai 13 April mendatang. Sehingga para anggota Panwas bisa mengetahui indikasi pelanggaran pemilu di media massa yang dilakukan peserta pemilu. “Dalam kegiatan ini ada beberapa materi yang diberikan kepada peserta mengenai penguatan kelembagaan dan terkait penindakan pelanggaran,” kata Fatmawati seusai memberikan materi.

Fatmawati menjelaskan kegiatan rakor itu sangat penting bagi anggota Panwascam, agar mereka bisa bekerja secara profesional. Para peserta dibekali dengan materi soal strategi pencegahan, pengawasan partisipatif dalam hal pengawasan untuk menghasilkan kualitas demokrasi yang lebih baik.

“Kita harapkan supaya kita satukan barisan dalam melakukan pengawasan pemilu tahun ini, dan kita akan selalu melakukan tindakan pencegahan agar tidak terjadi pelanggaran di lapangan. Sebab jika terjadi indikasi pelanggaran maka kami akan selalu siap memproses setiap dugaan pelanggaran,” terang koordinator divisi pencegahan hubungan antar lembaga Bawaslu Kolaka itu.

Terkait penggunaan kampanye di media massa, Fatmawati berharap peserta pemilu bisa menggunakannya dengan bijak tanpa harus membuat berita hoax dan berita terkait isu suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Selain itu, dalam pemasangan iklan para peserta pemilu juga diharapkan mematuhi ketentuan, sehingga tidak membuat iklan di luar dari mekanisme yang sudah ditetapkan.

“Kami sering menggelar sosialisasi bersama antara pimpinan parpol dan para caleg, bahkan sering kita rakor bersama dan memeriahkan penekanan dan pemahaman agar tidak melakukan pelanggaran yang dimaksud,” tansanya. (k9/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top