METRO KOLAKA

Warga Lalonaha Minta Pengadaan Penerangan Jalan

Reses anggota DPRD Kolaka di desa Lalonaha, Kecamatan Wolo, Selasa (19/2). FOTO: Istimewa/ Kolaka Pos

Saat Reses Anggota Dewan

KOLAKAPOS, Kolaka — Sejumlah warga desa Lalonaha, Kecamatan Wolo, Kolaka meminta agar akses jalan yang rusak di desanya segera dibenahi. Tak hanya itu, warga juga berharap agar pemerintah daerah mengadakan lampu jalan, serta fasilitas kartu sehat bagi warga Lalonaha yang belum mendapatkan.

Hal itu diungkapkan warga saat tiga anggota DPRD Kolaka menggelar reses dalam bentuk tatap muka di balai pertemuan desa Lalonaha, Selasa (19/2). Tiga wakil rakyat yang reses itu yakni Parmin Dasir, Hasbi Mustafa, dan Syaifullah Khalik. “Banyak pak warga dari sini belum dapat kartu KIS padahal mereka layak mendapatkan, jadi kalau bisa itu diusahakan,” kata Daniel, kepala dusun di desa Lalonaha.

Selain itu warga juga meminta diusulkan pembangunan sarana olahraga, seperti lapangan sepak bola. “Kami berharap di desa kami juga bisa diusulkan pembangunan lapangan sepak bola, karena itu penting untuk sarana olahraga bagi anak muda di desa ini,” ujar Amos, salah seorang warga desa yang hadir di pertemuan itu.

Hal lainnya diungkapkan Delce, salah seorang ibu rumah tangga yang hadir di pertemuan itu. Delce meminta agar warga Lalonaha khususnya untuk ibu-ibu agar difasilitasi untuk kursus keahlian, seperti kursus menjahit, kecantikan dan lainnya. “Kalau bisa juga pak, kita difasilitasi agar ada kursus keahlian bagi ibu-ibu dan anak-anak kami. Supaya kami bisa terampil dan memiliki keahlian,” ujar Delce.

Terkait permintaan itu, Syaifullah Khalik menyatakan akan memfasilitasinya. Katanya, untuk penerangan lampu jalan dan lapangan sepakbola, warga boleh membuat permintaan dalam bentuk proposal. “Nanti kita akan fasilitasi, warga juga boleh membuat proposal nanti diajukan ke dinas terkait seperti PU dan Diknas,” kata Syaifullah Khalik.

Sementara terkait Kartu KIS, Hasbi Mustafa memastikan akan memfasilitasinya ke dinas terkait. “Ini juga akan menjadi bahan kita, nanti kita akan sampaikan kepada dinas terkait bahwa masih ada warga desa Lalonaha yang berhak mendapatkan fasilitas kesehatan kartu KIS. Kemudian untuk permintaan lainnya Insya Allah bisa diusul untuk direalisasikan di tahun depan,” terang legislator Partai Hanura itu.

Sementara itu, Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir yang juga ikut reses di desa itu mengatakan bahwa usulan dan saran masyarakat itu akan menjadi bahan untuk dikonsultasikan dengan pihak pemerintah agar bisa direalisasikan.
“Apa yang dikemukakan oleh warga tadi, itu sangat penting, dan sesegera mungkin kita konsultasikan kepada pemerintah,” kata Parmin. (mir/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top