BERITA UTAMA

118 Honorer USN Berebut Kuota P3K

Yuli Purbaningsih

KOLAKAPOS, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka memastikan sebanyak 118 honorer lingkup USN akan mengikuti seleksi perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (P3K) tahap I tahun ini. Jumlah itu terdiri dari 59 orang tenaga dosen dan 59 tenaga kependidikan (Tendik).

Hal itu diungkapkan Kasubag Kepegawaian USN Kolaka, Yuli Purbaningsih, Rabu (20/2). Katanya, sebelumnya USN mengusulkan 373 orang dosen dan Tendik honorernya melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk diikutkan seleksi P3K tahap I ini. Namun berdasarkan hasil pengumuman dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) hanya 118 yang diakomodir.

“Semua diusulkan sesuai dengan masa kerjanya, untuk dosen jumlahnya 154 orang, itu terdiri dari dosen tetap dan dosen kontrak. Kemudian untuk Tendik berjumlah 179 terdiri dari Tendik tetap dan kontrak. Tapi hasil pengumuman yang lulus dari BKN karena Kemenristekdikti menyerahkan ke BKN untuk P3K tahap I ini terdiri dari 59 dosen dan 59 Tendik, total 118. Jadi 118 inilah yang akan mengikuti tes P3K tahap I ini,” terang Yuli Purbaningsih saat ditemui di ruang kerjanya kemarin (20/2).

Yuli menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui mengapa 215 belum bisa diakomodir untuk mengikuti seleksi P3K tahap I ini. “Kami juga belum dapat penjelasan dari BKN tentang data ini, kenapa mereka tidak masuk pada peserta tes tahap I ini. Makanya kami masih perlu klarifikasi lagi ke BKN,” ujar wanita berhijab itu.

Kendati demikian, dia meyakinkan bahwa dosen dan Tendik honorer yang belum terakomodir tak perlu berkecil hati. Pasalnya, menurut dia, pemerintah pusat masih akan melakukan perekrutan P3K tahap II. “Jawaban dari Kemenristek Dikti kemarin mereka ini akan didata ulang untuk perektrutan tahap II. Pendataannya untuk tahap II sudah dimulai pada bulan Maret nanti, hanya pelaksanaannya kami belum tahu. Kalau rencana awal bulan Mei, tapi itu tergantung lagi dari kebijakan pemerintah,” paparnya.

– Tes akan Dilaksanakan di SMAN 1 Kolaka

Yuli mengungkapkan, 118 peserta yang berhak ikut seleksi P3K tahap I ini akan melaksanakan tes pada tanggal 23-24 Februari 2019 ini. Mereka akan mengikuti tes berbasis Computer Assisted Test (CAT) Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Kolaka. “Itu berdasarkan surat penunjukkan dari Kementerian Riset Dikti tertanggal 18 Februari 2019, bahwa titik pelaksanaan untuk tes itu di SMAN 1 Kolaka, karena di sana itu sudah mempunyai program CAT UNBK,” jelas Yuli sembari memastikan bahwa proses seleksi P3K ini tidak dipungut biaya apapun. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top