KOTA KENDARI

Antisipasi Bencana, Gubernur Sultra Usulkan Pengadaan Helikopter

KOLAKAPOS, Kendari — Perhatian Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam penanganan bencana sangat besar. Terbukti, mengantisipasi bencana alam serta meminimalisir korban yang berada di daerah terisolir pasca Bencana, Gubernur Sulawesi Tenggara, H Ali Mazi mengajukan permintaan kepada Basarnas Pusat dalam pengadaan Fasilitas Helikopter untuk ditempatkan di Wilayah Sulawesi Tenggara.

“Saya mewakili semua lapisan masyarakat yang ada di Sultra mengajukan permohonan fasilitas Helikopter kepada Basarnas Pusat untuk memenuhi kebutuhan Patroli Basarnas Sultra dalam penanganan Bencana, ketika nantinya terjadi di Sulawesi Tenggara, kata Ali Mazi saat ditemui usai membuka acara pelatihan jungle rescue Basarnas Kendari, di salah satu hotel di Kendari beberapa waktu lalu.

Ia mengungkapkan, permintaan ini dilakukan karena posisi Sultra berada di wilayah perairan laut Banda, sehingga harus ada helikopter yang nantinya akan dipergunakan oleh Basarnas Sultra dalam rangka pantauan serta mengevaluasi korban ketika terjadi bencana dan kecelakaan baik di Hutan, Gunung, Lautan maupun kecelakaan jatuhnya pesawat.

“Saat ini kita ajukan permintaan fasilitas Helikopter namun tetap pusat yang menentukan layak dengan tidaknya. Kita berdoa saja mudah-mudahan ketika ada persetujuan penambahan fasilitas Helikopter Sultra lebih diutamakan ,” harapnya.

Ditempat yang sama, Deputy Bidang Operasi dan Kesiapsiagaan Basarnas Pusat, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menuturkan memang kedepannya akan ada penambahan fasilitas helikopter dan kapal, tetapi untuk penempatannya nanti akan diatur nanti.

“Untuk permintaan fasilitas Helikopter dari Gubernur (Ali Mazi) untuk ditempatkan di Basarnas Sultra, nantinya kita akan buat kajian terlebih dahulu. Untuk persoalan penempatannya dimana yang memungkinkan, tentunya akan diperhatikan juga faktor bisa jarak pencapaiannya, sehingga jika terjadi bencana dan kecelakaan didarat maupun dilaut Helikopter ini akan mudah melakukan pantauan dan evakuasi,”jelasnya.

Nugroho menambahkan, karena tidak hanya untuk di Sultra, akan tetapi beberapa Provinsi lainnya juga meminta fasilitas pengadaan Helikopter dan kesemunya akan dikaji terlebih dahulu. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top