BERITA UTAMA

Dinsos Kolaka Siapkan Bantuan Kursi Roda Setiap Tahun

Kepala bidang Rehabilitasi sosial (Kabid Resos) Ansar Bersama para Pendamping TKSK

KOLAKAPOS, Kolaka — Dinas sosial (Dinsos) Kolaka akan selalu siap memberikan bantuan berupa kursi roda bagi penyandang cacat. Sebab Dinsos Kolaka telah memprogramkan bantuan dua unit kursi roda setiap tahunnya.

Kadis sosial Kolaka Mustajab melalui Kepala bidang Rehabilitasi sosial (Kabid Resos) Ansar mengatakan, setiap tahun Pemda Kolaka melalui Dinsos selalu menyiapkan dua unit kursi roda yang akan diberikan kepada warga Kolaka yang menderita cacat atau lumpuh permanen.

” Kami tiap tahun siapkan dua kursi roda, yang kita siapkan bagi warga yang memang menjadi prioritas bantuan, seperti warga desa Pelambua yang mengalami cacat kita pasti akan segera memberikan bantuan itu, karena anggota kami melalui tenaga kesejahteraan sosial kecamatan (TKSK) telah melakukan pengecekan dilapangan dan kita akan segera masukan didatabes agar secepatnya kita berikan bantuan kursi roda, ” akuhnya saat ditemui media ini Kamis, (21/2).

Selain Dinas sosisal Kolaka kata Ansar, bantuan kursi roda juga sering diberikan oleh Dinas sosisal provinsi Sultra, namun bantuan tersebut tidak tiap tahun datang.

” Dinsos Provinsi juga sering memberikan bantuan kursi roda dan tahun lalu kita dapat empat unit yang telah kita salurkan bersama warga. Namun bantuan dari Dinsos provinsi tidak tiap tahun ada karena banyak kabupaten lain yang akan dibantu, ” ucapanya.

Menurutnya, pemberian bantuan kepada warga, pihaknya tidak pernah pilih kasih dalam menyalurkan bantuan, yang penting ada laporan baik itu dari masyarakat maupun dari pemerintah desa ataupun kelurahan. Sehingga jika benar laporan tersebut dan memenuhi syarat maka pihaknya akan mengupayakan bantuan tersebut.

” Intinya jika warga tersebut memenuhi syarat kita akan bantu, “tutupnya.

Pihaknya juga akan selalu merespon setiap ada laporan dan akan melakukan peninjauan langsung dilapangan. Sehingga pihaknya menghimbau kepada pemerintah setempat agar proaktif melaporkan setiap ada waktunya yang memang butuh bantuan.

” Setiap ada laporan kami langsung respon dan melakukan peninjauan langsung melalui anggota TKSK. Dan siapa yang mengusukan duluan dan layak untuk dibantu kita akan bantu.
Terkadang terbatas kami punya jangkauan sehingga ada warga yang tidak sempat terdata, olehnya itu kita sering menghimbau kepada pemerintah desa dan lurah agar jika ada warganya yang mengalami lumpuh segera melaporkan karena kami disini memang tugasnya untuk membantu orang
Tidak ada yang membedakan apalagi yang dia minta bukanji uang hanya barang, ” tutupnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top