BERITA UTAMA

Rumah Murah untuk ASN Siap Dibangun di Tikonu

saat RDP komisi III dengan Dinas PKP.

Komisi III Minta tidak Ganggu Situs Budaya

KOLAKAPOS, Kolaka — Rumah murah untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) berpenghasilan rendah sudah siap dibangun di desa Tikonu Kecamatan Wundulako. Hal itu terungkap dalam rapat dengar pendapat (RDP) Komisi III dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP) pada 25/2.
Dalam RDP itu Ketua Komisi III, Hasbi Mustafa, meminta agar dalam pembangunan rumah murah tersebut tidak menggangu situs budaya Sangia Ni Bandera yang lokasinya tidak jauh dari tempat tersebut.
“Saya tadi tekankan agar dalam pembangunan rumah murah tersebut tidak menggangu situs budaya Sangia Ni Bandera, justru kehadiran Rumah Murah harus mendukung kelestarian Situs itu. Sebab itu warisan budaya yang memang harus dilestarikan,” ungkapnya.
Kata Hasbi, dalam RDP itu Kepala dinas PKP menyatakan bahwa pembangunan rumah murah tersebut tidak akan mengganggu situs. “Pak Kadis sudah jelaskan tadi semua, yang jelas sudah dipikirkan bagaimana dampaknya, bahkan katanya semuanya sudah ada perencanaan nya, jadi saya kira ini perlu didukung, sebab ini juga untuk kepentingan orang banyak,” terang Hasbi.
Bahkan kata Hasbi di dalam areal kawasan perumahan itu juga, disiapkan sebagian untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). “Jadi dari 30 ha itu ada juga untuk MBR kalau tidak salah disiapkan 4 ha, jadi memang ini perlu didukung karena memang untuk masyarakat yang belum memiliki rumah, ” ujarnya.
Sementara itu, usai RDP, Kadis PKP, Abbas mengatakan bahwa pembangunan perumahan di kawasan itu jelas tidak menggangu areal situs. Dia juga menyatakan bahwa program tersebut sangat membantu masyarakat yang belum memiliki rumah. “Bayangkan dengan uang muka hanya 1 juta, ASN berpenghasilan rendah dan masyarakat yang berpenghasilan rendah sudah bisa memiliki rumah dengan luas areal 150m2, ” ujarnya. (Mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top