MUNA

100 Unit Rumah Transmigrasi Di Bangun Di Maligano

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muna, Fajar Wunanto

KOLAKAPOS, Raha — Pemerintah kabupaten Muna melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi tengah membangun 100 unit rumah di pemukiman transmigrasi desa Raimuna kecamatan Maligano. Pembangunan rumah baru dengan kontruksi rumah permanen type 36 tersebut merupakan program pengembangan kawasan transmigrasi dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi tahun ini.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Fajar Wunanto mengatakan, saat ini pembangunan proyek perumahan transmigrasi tersebut sudah mencapai 50 persen. Pada bulan Juni mendatang, proyek tersebut sudah bisa ditempati oleh para transmigran yang berasal dari Jawa Timur, Yogyakarta, Bali dan Nusa Tenggara Barat. ” Komposisinya 50 KK transmigrasi lokal dan 50 KK transmigrasi dari Bali, Yogya, Jatim dan NTB,” ucapnya saat dijumpai wartawan di Kantor Kejari Muna, Kamis (28/2)

Selain mendapatkan proyek perumahan transmigrasi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muna tahun ini kata Fajar, juga keciprat Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi sebesar tiga miliar rupiah. Dana Afirmasi ini nantinya akan digunakan untuk membangun infrastruktur jalan di wilayah transmigrasi di desa Labunia Kecamatan Wakorumba Selatan dengan panjang jalan empat kilo meter. Maka untuk mengefektifkan penggunaan DAK Afirmasi ini, pihaknya menggandeng Kejari Muna untuk melakukan pendampingan. “Kita perlu pendampingan oleh Kejari Muna karena selama ini kita belum pernah dapat DAK. DAK tiga miliar rupiah ini akan kita gunakan untuk membangun jalan di UPT Transmigrasi desa Labunia Kecamatan Wakorumba Selatan. Sudah bertahun tahun jalan disana tidak pernah diperbaiki, jadi tahun ini kita perbaiki,” tandasnya. (m1/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top