BERITA UTAMA

Bupati Kolaka Resmikan Pembangunan Rumah Murah

Pose Bersama Bupati Kolaka H Ahmad Safei Usai Melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Perumahan Murah Bagi ASN dan MBR Di Desa Tikonu, Kecamatan Wundulako

Diperuntukkan Bagi ASN dan MBR

KOLAKAPOS, Kolaka — Diusianya ke-59 Tahun Pemkab Kolaka, di bawah kepemimpinan Ahmad Safei bersama Muh Jayadin memberikan kado bagi masyarakat Kolaka. Pemkab Kolaka mulai melakukan pembangunan rumah murah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di desa Tikonu, kecamatan Wundulako. Proses pembangunan perumahan yang bernama Sangia Nibandera City ditandai dengan acara peletakan batu pertama oleh bupati Kolaka Ahmad Safei.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, pembangunan perumahan didesa Tikonu merupakan program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan perumahan bagi masyarakat tidak hanya bagi ASN akan tetapi juga untuk MBR. Beberapa tahun yang lalu Pemkab telah melakukan ganti rugi lahan pada warga seluas kurang lebih 30 hektar. Dalam perjalanannya, pembangunan kawasan perumahan tersebut telah dimulai beberapa waktulalu, namun terhenti karena pemilik perusahaan pengembang meninggal dunia. “Kita masih sangat membutuhkan banyak rumah, khususnya ASN yang belum memiliki rumah. Namun pembangunan rumah ASN ini tidak mungkin kita bangun asal-asalan, dan dari masukan teman-teman, masyarakat setempat yang tidak berstatus ASN dapat pula memiliki perumahan ini. Allhamdulillah saat proses berjalan kita konsultasi dibeberapa pihak ini dapat terakomodir dan akan menjadi kebanggaan kita bersama,” ungkapnya.

Sehingga Pemda Kolaka melalui Dinas perumahan menyiapkan empat hektar bagi MBR yang berada di wilayah sekitar. “Ada empat hektar yang kita siapkan bagi MBR yang ada disekitar wilayah ini. Jadi saya kira ini tidak menjadi polemik sebab tidak hanya ASN saja tapi masyarakat juga akan kita fasilitasi untuk mendapatkan perumahan ini,” akunya.

Menurutnya, pembangunan perumahan Sangia Nibandera City ini, merupakan perumahan termurah yang ada diwilayah Kolaka sebab karena ada subsidi pemerintah terkait lahan itu sendiri. Selain itu, Pemda juga akan terus mendukung pembangunan perumahan murah tersebut. Sehingga dapat berjalan lancar. “Kami selaku pemerintah akan terus memberikan dorongan bagi kita semua agar pembangunan rumah di ASN dan MBR tentu akan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. Sebab kawasan perumahan ini akan menjadi kawasan yang berkelas dan akan menghidupkan perekonomian masyarakat setempat, khususnya masyarakat desa Tikonu. Memang dimana-mana pembangunan perumahan ada dinamika yang terjadi tapi pelan-pelan kita benahi,” jelasnya.

Olehnya itu Bupati berharap agar pembangunan rumah ini, dapat terus mendapatkan dukungan bagi masyarakat sebab akan berdampak positif dalam perekonomian masyarakat setempat. Apalagi jika sudah terbangun seribu rumah pasti roda perekonomian akan berputar dengan baik setiap bulannya. “Ini pembangunan pemerintahan yang tidak ada tujuan lain kami ingin mensejahterakan masyarakat tidak ada pikiran-pikiran lain yang merugikan masyarakat olehnya itu saya harapkan pembangunan perumahan ini bisa berjalan dengan biak aman dan lancar,” harapnya.

Diakhir sambutannya bupati Kolaka menitip pesan agar masyarakat sekitar dapat diakomodir dalam pengadaan tenaga kerja. “Saya minta kepada pengembang tolong dimanfaatkan dengan baik tenaga kerja disini, agar mulai dari awal pembangunan masyarakat sekitar dapat terlibat dalam pembangunan ini. Demi kelancaran pembangunan perumahan ini, ” pintanya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top