KOLAKA TIMUR

Kembangkan Pertanian, Desa Telutu Jaya Canangkan Berbagai Program

KOLAKAPOS, Andooolo — Mengembangkan potensi yang ada daerah, Kepala Desa (Kades) Desa Telutu Jaya Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konsel Nanang Firdaus mencanangkan berbagai program demi mewujudkan Desa Maju Konsel Hebat, Kamis (28/2).

Kepala Desa Telutu Jaya Nanang Firdaus mengatakan, Desa yang dipimpinnya memiliki luas wilayah 721 Ha/721 Km. Untuk luas pemukiman 157 Ha/157 Km dan dihuni oleh 2.403 jiwa penduduk dari 693 Kepala Keluarga (KK), mayoritas berprofesi sebagai petani.

“Selain petani, juga sebagian warganya ada yang berprofesi sebagai pedagang, pengusaha jasa dan nelayan,” ujar Kades yang baru setahun dilantik ini.

Ia mengungkapkan, untuk petani yang mengolah sawah itu sebanyak 258 KK. Selain itu, petani kelapa 114 KK, petani palawija 20 KK, nelayan 87 KK dan sisanya pedagang eceran, meubel, bengkel.

“Untuk menunjang pertanian, kita akan membuka lahan baru untuk akses jalan produksi perkebunan sepanjang 7 Km.Tujuannya adalah untuk memperlancar distribusi hasil panen kelapa dan padi di wilayah dusun I, II dan IV. Kita juga mengadakan benih padi varietas unggul, sebagaimana telah diperkenalkan oleh Dinas Tanaman Pangan Kabupaten Konsel,” ungkapnya.

Selain itu, tambah Nanang, untuk memberdayakan warga pihaknya mengadakan pelatihan kader yang diselenggarakan secara swakelola oleh Desa. Tujuannya untuk melatih kader milenial di Desa, agar mampu memotivasi masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari- hari di bidang ekonomi, sosial budaya, kesehatan, pendidikan dan keamanan desa.

“Misalnya penanganan dan pencegahan stunting (kurang gizi, red) melalui penambahan makanan yang bergizi bagi balita, dan anak sekolah. Penambahan nutrisi melalui sumber protein dan serat bagi ibu hamil, nifas dan menyusui,” tukasnya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top