KONAWE SELATAN

Pelaksanaan STQH Tingkat Kabupaten Dihelat

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga saat membuka kegiatan STQH tingkat Kabupaten Tahun 2019. FOTO: Sapruddin/kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konawe Selatan (Konsel), H. Surunuddin Dangga, didampingi Wakilnya Arsalim Arifin dan Sekda Sjarif Sajang, membuka pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) Tingkat Kabupaten Konsel 2019 di lapangan Andoolo, Kamis (28/2).

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga mengatakan, kegiatan dua tahunan ini merupakan agenda rutin pemerintah pusat dan daerah di seluruh Indonesia, termasuk hari ini Konsel dalam rangka menjaring Qari-Qari’ah, yang nantinya akan mengikuti STQH Tingkat Provinsi dan Nasional.

“Ini bertujuan untuk membiasakan dan mengamalkan, serta menjadikan Al-Qur’an sebagai bacaan utama dan sekaligus petunjuk jalan yang lurus, serta pedoman bagi umat Islam dimuka bumi, baik saat bertutur kata maupun dalam berperilaku sehari-hari,” tutur Surunuddin.

Untuk itu ia mengajak seluruh umat Islam Konsel, agar selalu menghidupkan perasaan cinta kepada nilai-nilai yang terkandung didalam Al-Qur’an dan menjadikannya bacaan utama, dari sekian banyak koleksi buku. Dengan mewujudkan semboyan “Tiada Hari Tanpa Baca Al-Qur’an”. Yang juga bertujuan untuk pemberantasan buta aksara Al-Qur’an di wilayah Konsel.

“Ini juga sebagai bentuk komitmen, dalam menempatkan nilai-nilai keagamaan sebagai sumber nilai dan motivasi bangsa dan daerah, menuju masyarakat adil dan makmur, Saya memberikan insentif kepada Guru Ngaji dan Imam Masjid serta telah dan akan memberangkatkan lagi majelis taklim, tokoh masyarakat dan masyarakat berprestasi, untuk menunaikan Ibadah Umrah. Ini juga merupakan wujud nyata peningkatan Imtaq disamping pembangunan infrastruktur lainnya,” ungkapnya.

Mantan Ketua DPRD Konsel ini juga menambahkan, pada hakikatnya pelaksanaan STQH 2019 ini, untuk mewujudkan moderasi beragama dalam kehidupan sosial kemasyarakatan guna mendukung terwujudnya Desa Maju Konsel Hebat, dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam di Konsel.

“Sekaligus sebagai tonggak dan evaluasi dalam membina Qari-Qariah menuju kemandirian yang terencana, terstruktur dan berkelanjutan untuk membentuk masyarakat religius yang memiliki kemampuan, integritas dan kapabilitas dalam mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang harus terus kita dorong,” tandas Surunuddin.

Ditempat yang sama, Ketua LPTQ Konsel Dr. Arsalim Arifin, mengatakaan bahwa kegiatan ini sesuai juga dengan keputusan bersama Menteri Agama dan Mendagri Nomor 19 tahun 1977, tentang pembentukan LPTQ. Dimana LPTQ Konsel telah terbentuk di 25 Kecamatan sejak Tahun 2016 dan dan dilantik pada Tahun 2018 lalu.

“Yang bertugas dan telah menyelenggarakan dan mengikuti MTQ, STQ mulai Tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional di Kota Medan. Selain menyelenggarakan STQ, kita juga melakukan pembinaan kepada Qari-Qariah, sekaligus berharap
Semoga dengan adanya pembangunan gedung islamic centre pada Tahun ini dan Tahun 2020, Konsel bisa dipercaya sebagai tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra Sahrin Saudale, menjelaskan dasar kegiatan ini yakni sesuai Petunjuk Teknis STQH Nasional Nomor ST 001/I/2019 tanggal 2 Januari 2019 dan SK Bupati Konsel Nomor 450.14/98/2019, tentang pembentukan Panitia dan Dewan Hakim STQH Tingkat Kabupaten Konsel Tahun 2019, dengan waktu pelaksanaan mulai Tanggal 28 Februari – 6 Maret 2019 berpusat di lapangan Sepak Bola Andoolo.

“Adapun jenis lomba yang akan di pertandingkan yakni, Cabang Tilawah Al-Qur’an Golongan (Gol) Anak-anak dan Dewasa Putra & Putri bertempat di Masjid Agung Andoolo, dan Cabang Hifzh Al-Qur’an Gol 10,20 dan 30 Juz Putra-Putri di Aula Diknas, Cabang Tafsir Al-Qur’an Gol Bahasa Arab Putra-Putri di Aula Kantor Kemenag,” rincinya. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top