MUNA

Spanduk Caleg Melanggar, Bawaslu Belum Bertindak

KOLAKAPOS, Raha — Spanduk atau baliho calon anggota legislatif (Caleg) di pasang di kawasan lembaga pendidikan dan di paku di pepohonan sepanjang jalan kota Raha. Spanduk tersebut tampak dipasang secara serampangan, padahal dalam aturan penetapan alat peraga kampanye (APK) dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Muna, lembaga pendidikan dan pohon menjadi salah satu tempat yang dilarang.

Pantauan Kolaka Pos, Spanduk yang berisikan foto, nama, dan nomor urut caleg salah satunya terpasang di depan SMPN 2 Raha tepatnya di pertigaan jalan Gatot Subroto dan jalan lumba-lumba kelurahan Batalaiworu kecamatan Katobu.

Devisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Muna, Aksar mengatakan pihaknya sudah banyak menerima aduan masyarakat terkait penempatan APK yang tidak sesuai dengan yang ditetapkan tersebut. Namun sampai hari ini Bawaslu Muna belum melakukan penertiban. Askar beralibi diawal bulan Maret ini pihaknya akan melakukan penertiban. “Kita menggelar rapat koordinasi, mengundang Satpol PP, Polisi, KPU dan peserta pemilu guna membahas penertiban APK ini,” katanya

Penertiban APK kata Aksar, sudah diatur dalam peraturan Bawaslu tentang pengawasan kampanye nomor 28 pasal 26. Selain itu dalam surat edaran Bawaslu juga disebutkan, terkait dengan APK yang melanggar akan diberikan kode 1×24 jam supaya calon peserta pemilu menertibkan sendiri APK mereka. Jika hal tersebut tidak diindahkan, maka Bawaslu akan berkoordinasi dengan Satpol PP untuk melakukan penertiban. “Kita lihat sudah banyak yang melanggar. Jadi nanti di awal Maret baru kita tertibkan,” ucapnya

Disinggung mengenai Bawaslu Muna seakan tutup mata dengan melakukan pembiaran terhadap penempatan APK di dalam kota Raha, Aksar berkilah pihaknya tidak melakukan hal tersebut. “Ini bukan pembiaran. Ini menjadi fokus penertiban kami. Jadi model penertibannya bertahap. Karena peserta pemilu ini, setelah APK mereka ditertibkan, mereka pasang lagi,” tandasnya. (m1/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top