BERITA UTAMA

Tahun ini Dinsos Salurkan Ribuan KIS

Kepala seksi (Kasi) Pengelolaan, Penyaluran Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan Dinsos Kolaka Darwis

KOLAKAPOS, Kolaka — Pemerintah daerah (Pemda) Kolaka melalui Dinas sosisal (Dinsos) tahun ini akan menyalurkan ribuan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang tersebar diseluruh wilayah kabupaten Kolaka. Penyaluran KIS akan diserahkan secara langsung kepada setiap desa dan kelurahan.

Kepala seksi (Kasi) Pengelolaan, Penyaluran Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan Dinsos Kolaka Darwis, Jumat (1/3) mengatakan penyaluran KIS untuk penambahan tahun ini mencapai lebih dari 5000 kartu. “KIS yang dianggarkan melalui dana APBD mencapai 1800 kartu dan sisanya dari APBN mencapai 4000 lebih kartu, yang saat ini mulai kita bagikan ditiap desa dan kelurahan yang ada di seluruh wilayah kabupaten Kolaka,” ungkap Darwis.

Saat ini kata Darwis, khusus wilayah kabupaten Kolaka sendiri pencapaian dalam pemenuhan jaminan kesehatan mencapai 80 persen dari total jumlah penduduk Kolaka, yang sebelumnya mencapai 90 persen. Akan tetapi setelah didata ulang ternyata ada masyarakat Koltim yang terdata masuk di Kolaka sehingga saat ini Kolaka. “Untuk masyarakat Kolaka dari tahun 2015 yang telah mendapatkan pemenuhan jaminan kesehatan baik itu dari masyarakat miskin ataupun masyarakat mandiri maupun dari pihak swasta atau perusahaan mencapai 120 ribu jiwa dari 200 ribu jiwa jumlah penduduk Kolaka, ” akunya.

Menurutnya, program KIS tidak sepenuhnya dibebankan oleh pemerintah pusat, akan tetapi dibantu juga oleh pemerintah daerah. Sehingga kedepannya seluruh masyarakat Kolaka bisa mendapatkan jaminan kesehatan. “Jadi pembiayaan KIS bukan hanya dibebankan oleh pemerintah pusat akan tetapi harus ada juga dari pemerintah daerah, ” tutupnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top