METRO KOLAKA

USN Resmi Buka Kampus B di Buteng, Rektor: Patut Disyukuri

Rektor USN, Dr Azhari

KOLAKAPOS, Kolaka — Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka resmi melebarkan sayapnya di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara. Itu setelah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) mengeluarkan Surat Keputusan (SK) tentang pengoperasian Kampus B USN di Kecamatan Mawasangka, Buteng.

Seiring dengan itu, hadirnya USN di Buteng menjadi sejarah baru di dunia pendidikan tinggi di Bumi Anoa, Sultra. Pasalnya USN yang saat ini memiliki kampus utama di Kabupaten Kolaka menjadi satu-satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menyelenggarakan Tri Darma di daerah lain di Sultra.

Rektor USN Kolaka, Azhari berharap hadirnya Kampus B USN di Mawasangka sepatutnya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sultra, khususnya yang berdomilisi di wilayah kepulauan Muna dan Buton. “Ini kesyukuran kita untuk masyarakat di dua pulau ini (Muna-Buton, red), karena Mawasangka itu adalah pertemuan antara Muna dan Buton, tanah Muna wilayah Buton. Jadi ini milik bersama oleh masyarakat di dua pulau ini,” ujar Rektor saat memberi sambutan pada acara penyerahan SK pengoperasian Kampus B USN di Buteng, di balai Kelurahan Mawasangka, Kecamatan Mawasangka, belum lama ini.

Dijelaskannya, sejak dulu hingga saat ini di pulau Muna dan Buton belum memiliki kampus berstatus PTN. Padahal setiap tahun ada 20 ribuan lulusan siswa SMA yang berasal dari dua pulau tersebut. Jumlah itu tidak dapat diakomodir oleh perguruan tinggi negeri dan swasta di Sultra. “Makanya kita berharap, dengan adanya kampus ini bisa menjawab kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan layanan pendidikan tinggi di dua pulau ini,” ujarnya lagi.

Rektor PTN termuda se Indonesia ini juga berharap, para akademisi asal pulau Muna dan Buton yang saat ini berkarir di daerah rantau untuk membantu pengembangan kampus ini ke depan. “Saya mengundang para akademisi dari dua pulau (Muna-Buton, red) ini yang ingin membangun kampus ini silahkan datang, dimana pun berada silahkan pindah, saya terima dengan senang hati,” ucapnya.

Kampus B USN di Buteng saat ini masih menjadi bagian dari kesatuan USN di Kabupaten Kolaka. Untuk sementara ada tiga Prodi yang dibuka tahun ini, salah satunya Prodi Diploma IV Keperawatan. Namun menurut Azhari, ke depannya bukan hal sulit untuk memisahkan kampus ini menjadi PTN baru. “Saya yakin dua atau tiga tahun ke depan kampus sudah bisa berdiri sendiri. Jadi siapapun yang jadi rektornya nanti, maka saya pesan agar kampus ini dinamakan Universitas Buton Muna,” terangnya.

Seperti diketahui, saat ini USN sudah memiliki lahan seluas 100 hektar lebih di Desa Wakambangura untuk pembangunan gedung kampus. Lahan tersebut sebelumnya milik masyarakat setempat yang kemudian secara sukarela mewakafkannya untuk lokasi pendirian kampus. (kal)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Content is protected !!