METRO KOLAKA

Perumahan Sangia Nibandera City Jadi Rebutan ASN

Direktur Unifit Land, Andre Gracia

Direktur Unifit Land: Saat Ini Sudah 600 Pendaftar

KOLAKAPOS, Kolaka — Animo masyarakat Kolaka khususnya para Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk memiliki perumahan Sangia Nibandera City di Desa Tikonu, Kecamatan Wundulako cukup tinggi. Buktinya, pasca dibuka pada awal Januari lalu, sudah ratusan ASN mendaftarkan diri ke pihak pengembang perumahan, Unifit Land.

Direktur Unifit Land, Andre Gracia mengatakan, dari 1000 rumah yang akan dibangun saat ini sudah ada 600 ASN pendaftar yang menyetorkan berkasnya untuk memiliki perumahan itu. “Sekarang tercatat sudah sekitar 600 orang yang telah mendaftarkan diri. Dan target kita tahun depan sudah bisa ditempati, makanya kita akan bekerja semaksimal mungkin agar proses pekerjaan dapat sesuai target. Kehadiran perumahan ini juga bukan untuk menghambat aktivitas masyarakat sekitar tapi kita membantu masyarakat sehingga dalam pembuatan jalan usaha tani dapat segera kita kerjakan,” kata Andre Gracia, Senin (4/3).

Ia menambahkan, pasca bupati Kolaka, Ahmad Safei melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah murah ASN itu belum lama ini, pihaknya langsung bergerak melakukan proses pembangunan. Kata dia, untuk pembangunan tahap awal ini akan ada 300 unit. Itu bertipe 36, dengan desain berbentuk cluster.

“Kita akan bangun menggunakan konsep rumah tumbuh. Dalam satu rumah tumbuh itu kita masukan unsur-unsur adat, religius, dalam desain rumahnya, tapi digabung dengan unsur modrennya yakni sistem cluster, jadi dalam rumah kita buat sistem cluster,” jelasnya.

Menurutnya, perumahan cluster merupakan perumahan yang dibangun berkelompok dalam satu lingkungan dengan bentuk rumah yang serasi. Secara konsep, perumahan dengan sistem cluster memiliki kesamaan dan perbedaan dengan perumahan town house atau kompleks hunian di tengah kota berisi hunian yang dibangun secara teratur dengan jumlah terbatas.

“Jadi motif rumahnya kita akan desain secara modernisasi. Jadi akan nampak indah dan megah seperti yang terlihat pada desain gambarnya yang telah kita sebar. Pada tahap pertama kita akan bangun 300 unit kemudian tahap kedua 300 unit tahap selanjutnya ketiga dan keempat itu 200-200 unit jadi totalnya 1000 unit yang akan kita bangun secara bertahap. Kami juga akan membagi empat cluster dalam setiap cluster akan diberikan nama-nama raja didaerah ini,” bebernya.

Selain itu, kata Andre, demi memberikan kenyamanan bagi penghuninya, pihaknya akan memberlakukan penjagaan 24 jam di areal perumahan nanti. Kemudian dalam perumahan juga akan membangun beberapa fasilitas umum seperti musolah dan taman bermain anak.

“Jadi kenyamanan penghuni itu yang kita utamakan dan harganya juga tejangkau sebab telah disubsidi. Kami juga akan membangun jalan utama dengan lebar 22 meter dan jalan komplek 8 meter, jadi meskipun ada mobil yang parkir di pinggir jalan masih bisa mobil lain untuk lewat,” katanya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top