METRO KOLAKA

Antam dan YARI Bersinergi Sejahterakan Nelayan di Pomalaa

VP HC&CSR PT Antam UBPN Sultra, Kamsi menyerahkan secara simbolis bantuan alat tangkap ikan kepada nelayan.ist/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — PT Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) bersinergi dengan Yayasan Bahari (YARI), guna mensejahterakan kelompok nelayan di Pomalaa. Hal itu dibuktikan dengan kerjasama yang memasuki tahun kedua, kembali memberikan bantuan alat tangkap ikan untuk kelompok nelayan di kecamatan Pomalaa. Bertempat di Rumah Belajar Masyarakat (RBM) desa Hakatutobu, Rabu (6/3).
Direktur Yayasan Bahari, Abed R. Abdullah mengatakan, kerjasama dengan PT Antam telah memasuki tahun kedua, dimana pada tahun pertama lebih fokus kepada penguatan kapasitas kelompok nelayan. “Sebelumnya kami fokus pada aktivitas pemberdayaan dan sosialisasi penanganan berbagai konflik, dalam komunitas masyarakat nelayan. Selain itu, kami juga telah membentuk koperasi yang menggabungkan lima kelompok nelayan, yang terbagi di kelurahan Dawi-dawi, desa Tambea dan desa Hakatutobu. Jadi, target kami koperasi ini bisa menampung hasil tangkapan nelayan, khususnya ikan hidup dan lobster,” jelasnya.
Di tempat yang sama, Vice President (VP) Human Capital and Corporate Social Responsibility (HC&CSR) PT Antam UBPN Sultra, Kamsi menjelaskan, akan mendukung penuh pemberdayaan kelompok nelayan sepanjang itu bermanfaat dan bisa mensejahterakan kehidupan nelayan.
“Antam tentunya sangat mendukung kegiatan semacam ini, apalagi yang terlibat banyak dan secara hitung-hitungan bisa berhasil. Terus terang, saya selalu bersemangat ketika membicarakan program seperti ini. Jadi kami berharap agar program ini bisa berkelanjutan sampai bapak-bapak (masyarakat nelayan, red) bisa mandiri dan sejahtera melalui program ini,” ujarnya.
Ia juga menghimbau agar para nelayan selalu mengikuti arahan yang diberikan oleh YARI, sehingga apa yang diprogramkan bisa tepat sasaran dan berimbas pada peningkatan perekonomian para nelayan. “Mudah-mudahan kedepannya bisa membanggakan kita semua. Saya sangat terharu karena memasuki tahun kedua dengan segala problem kita masih bersama-sama bisa berdiri,” ungkapnya.
Sementara itu, Sekretaris Camat Pomalaa Bahtiar Yusuf mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut tentunya untuk mensejahterakan para nelayan. “Kami sebagai pemerintah mengucapkan terima kasih kepada Antam, yang selalu mendukung program kepentingan masyarakat yang benar-benar membutuhkan. Bantuan ini memiliki manfaat yang banyak, untuk itu mohon dijaga,” tegasnya.
Untuk diketahui, alat tangkap ikan yang diserahkan kepada kelompok nelayan berupa pancing rawe, pancing ulur, jaring insang dan bubu. Kegiatan tersebut turut pula dihadiri Asistant Manager Comdev PT Antam UBPN Sultra, Lurah Dawi-dawi, Kades Tambea, Kades Hakatutobu, Bhabinkamtibmas Hakatutobu dan kelompok nelayan. (ist)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top