JAZIRAH SULTRA

FKMA Bakal Diramaikan Rombongan Kerajaan se-Asia Tenggara

Masjid Agung Keraton Buton.

KOLAKAPOS, Baubau — Dinas Perhubungan (Dishub) siap andil dalam penyelenggaraan Festival Keraton Masyarakat Adat (FKMA) se-ASEAN ke-VI di Kota Baubau. Bus-bus bantuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap digunakan untuk melayani transportasi rombongan kerajaan se-Asia Tenggara.

Rencananya, iven ini diselenggarakan di kota pemilik benteng terluas di dunia ini pada 10 – 14 Juli 2019 mendatang. Jumlah tamu yang hadir ditaksir tidak kurang dari 3.000 orang.

“Khusus transportasi penjemputan di bandara dan pelabuhan, kalau hanya mobil-mobil dinas kecil tidak akan mampu. Mau tidak mau, bus dipakai dulu pakai menjemput tamu. Kalau menurut saya tidak itupun tidak cukup, harus ada mobil-mobil rental,” ujar Plt Kepala Dishub Baubau, Wahyu.

Kata dia, bus bantuan Kemenhub saat ini berjumlah tujuh unit. Lima unit memiliki kapasitas muat 26 orang dan dua unit lainnya berdaya tampung 20 orang.

“Raja, Permaisuri dan rombongan ini tidak ada salahnya kita layani pakai bus. Penggunaan bus untuk transportasi tamu dari kerajaan ini juga sudah disepakati pak Wali, pak Sekda dalam rapat,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, menurut dia, pelayanan transportasi untuk tamu-tamu dari kerajaan dan utusan pemerintah daerah di Indonesia juga tidak bisa dikesampingkan. “Saya mengusulkan satu dinas agar memberikan satu mobil kepada LO atau penghubung untuk menjemput tamu-tamu,” pungkas Wahyu. (fin)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top