METRO KOLAKA

Petani Wundulako Gotong Royong Bersihkan Bendungan Wundulako

Babibsa Tikonu dan Silea Pelda Mustafa Rasyid Bersama Puluhan Petani Wundulako Saat Melaksanakan Kegiatan Gotong Royong Di Bendungan Wundulako

KOLAKAPOS, Kolaka — Memasuki awal musim tanam pada bulan Maret ini, puluhan petani Wundulako menggelar gotong royong dibendungan Wundulako kelurahan Silea, kecamatan Wundulako, Rabu (6/3).

Bintara pembina desa (Babinsa) desa Tikonu dan kelurahan Silea Pelda Mustafa Rasyid mengatakan, kegiatan gotong royong yang dilakukan puluhan petani merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan petani sebelum turun sawah.

” Jadi ini merupakan kegiatan rutin petani dari beberapa desa dan kelurahan se-kecamatan Wundulako meliputi kelurahan Silea, Ngapa, Wundulako dan desa Unamenda. Hal ini dilakukan agar saluran irigasi dapat berjalan lancar sehingga dapat mengairi sawah petani, saat melakukan penanaman, ” ungkapnya saat ditemui media ini dilokasi gotong royong.

Selain petani kata, Mustafa pihak dari kantor pengairan Wundulako juga ikut membantu melakukan pembersihan diarea bendungan Wundulako.

” Petugas dari pengairan Wundulako juga ikut membantu membersihkan sampah yang ada diarea bendungan Wundulako, ” akuhnya.

Saat ini yang menjadi kendala para petani untuk melakukan Pembersihan bendungan semakin banyaknya luapan lumpur, sehingga dibutuhkan alat untuk melakukan pengerukan disempanjang area bendungan Wundulako.

” Karena luapan lumpur yang semakin menumpuk akibat memasuki musim penghujan, sehingga menyulitkan petani dalam membersikan bendungan Wundulako. Sehingga harapkan agar kedepannya pihak terkait dapat melakukan pengerukan diarea bendungan Wundulako, ” harapnya.

Sementara itu, Aco salah satu petani asal kelurahan Ngapa mengaku bangga para petani masih kompak dalam melakukan gotong royong bersama. Ini membuktikan petani Wundulako selalu kompak.

” Setiap kami akan turun sawah kami pasti melakukan gotong royong agar tidak ada kendala terkait supali air pada saat kami turun sawah dan kebersamaan ini akan terus kami pertahankan, sehingga menjadi contoh bagi masyarakat bahwa pentingnya menjaga kekompakan dan saling bantu membantu antar sesama, ” singkatnya (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top