BERITA UTAMA

Capres Nomor Urut 01 “Keok” di Sultra

Direktur THI Naslim (Kanan), Saat Menyampaikan Hasil Survei Pemilu 2019. FOTO: Kadamu/Kolaka Pos

Hasil Survei The Haluoleo Institute

 

KOLAKAPOS, Kendari — Berdasarkan hasil survei terbaru Pemilihan Presiden (Pilpres), 2019 menunjukkan Pasangan Calon Presiden (Capres), dan Calon Wakil Presiden (Cawapres), Jokowi dan Ma’ruf Amin “Keok” dari lawannya yakni Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno di Sultra.

Adapun presentase hasil survei The Haluoleo Institute (THI), Capres Nomor Urut 1 yakni 38,4 persen sementara Capres nomor urut 2 mencapai 44,2 persen. Kemudian masyarakat yang belum menentukan pilihan sebanyak 17,4 persen.

Direktur Eksekutif THI Naslim Sarlito Alimin mengatakan, hasil survei ini bisa saja berubah, karena waktu pemilihan masih lama. Tergantung dari Tim Kerja Daerah masing masing Capres. “Masih mempunyai potensi untuk berubah, tergantung dari konsolidasi masing masing Capres dan Cawapres maupun tim tim kerja daerah,” jelasnya saat menyampaikan hasil survei di salah satu hotel yang ada di Kendari. Minggu, (10/03).

Lebih jauh ia menjelaskan, kedatangan Cawapres nomor urut 2 dalam hal ini Sandiaga Uno di Kendari beberapa bulan lalu itu sangat berpengaruh besar terhadap elektabilitasnya. “Tapi ini kemungkinan survei itu akan berubah, karena beberapa hari lalu Pak Jokowi datang juga di Kendari,” paparnya.

Untuk diketahui, sample survei ini berasal dari 17 Kabupaten/Kota di Sultra yang terdistribusi secara proposional. Secara khusus pada masyarakat yang berusia 17 tahun atau sudah menikah. Sementara pengambilan data dilakukan melalui wawancara dengan tatap muka terhadap responden dan menggunakan panduan kuisioner sejak 18 sampai 23 Februari tahun 2019.

Bukan hanya itu, survei ini juga menggunakan metode Multistage Random Sampling dengan Margin Eror kurang lebih 3,8 persen. Kemudian tingkat kepercayaan masyarakat sebanyak 95 persen. Sementara itu total survei mencapai 660 orang dengan sistim pembagian gender, yakni 50 persen laki laki dan 50 persen wanita. (P2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top