METRO KOLAKA

Lagi, KPU Kolaka Dapati Lima Ratusan Surat Suara Rusak

Contoh surat suara rusak yang bernoda

KOLAKAPOS, Kolaka — Sejak penyortiran dan pelipatan kertas atau surat suara untuk pemilu 2019 dimulai pada 7 Maret 2019 lalu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka menemukan ratusan surat suara rusak atau tidak bisa digunakan.

Sekretaris KPU Kolaka, Idham Hindardi yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dari data sementara yang dilaporkan bahwa sebanyak lebih dari 500 surat suara ditemukan rusak. “Untuk surat suara Pilpres yang sudah dilipat semuanya ditemukan rusak itu jumlahnya 348, untuk DPR RI itu ada 283, yang surat suara lainnya belum kita jumlah karena masih pelipatan, ” terangnya, kemarin (13/3).

Dia juga mengatakan bahwa kemungkinan akan ada tambahan mengingat masih ada beberapa kertas suara belum rampung dilipat dan disortir. “Yang lain belum kita jumlahkan karena masih pelipatan, nanti rampung semua baru kita pastikan, karena itu juga buat permintaan kita nanti untuk tambahan,” ujarnya.

Kertas suara rusak itu mulai dari sobek, bernoda, hingga cetakan yang tidak sempurna. “Ya umumnya ada sobek, noda tinta, kotor, kurang sempurna cetakannya, dan lain sebagainya yang membuat kertas suara tidak sempurna,” tuturnya.

Dia juga mengatakan bahwa nantinya kertas suara tersebut akan dilaporkan secara rinci untuk kemudian dimintakan tambahannya. “Kita juga laporkan langsung ke pihak penyedia nanti dan akan digantikan,” ujarnya.

Dari hasil pelipatan yang sudah rampung baru dua jenis surat suara yaitu pilpres dan DPR RI. “Yang baru selesai Pilpres dan DPR-RI, surat suara Pilpres yang diterima sesuai manifes 162.392 setelah disortir dan dihitung menjadi yag baik 161.284 dan yg rusak 348. Selanjutnya surat suara DPR RI yg diterima sesuai manifes 162.392 setelah disortir dan dihitung yg baik 162.177 dan yg rusak 283,” paparnya. (mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top