KOLAKA UTARA

Pemerintah Optimis Minat Baca Warga Meningkat

Ilustrasi pembaca di perpustakaan.

KOLAKAPOS, Lasusua — Perkembangan Teknologi saat ini makin canggih, tidak ketinggalan untuk meningkatkan kualitas pelayanan, Perpustakaan daerah Kolaka Utara menggunkan sistem automasi (proses pengelolaan perpustakaan dengan menggunakan bantuan teknologi informasi) untuk meningkatkan pelayanan kepada para pembacanya.

Seperti yang dijelaskan Juharti Hamid Kepala Bidang Pelayanan Sistem Perpustakaan daerah Kolaka Utara, bahwa sejak tahun ini Pepustakaan sudah menerapkan sistem automasi sehingga penginputan secara manual tidak lagi dilakukan.

“Ya, mulai saat ini kami sudah menggunakan sistem automasi, untuk pengimputan, peminjaman dan mencari judul buku,” katanya.

Automasi kata dia, memudahkan dalam pembuatan catalog, agar pembaca dapat menemukan sebuah buku yang diketahui berdasarkan pengarang, judul atau subyeknya dan menunjukkan buku yang dimiliki perpustakaan.

“Rangkaian kegiatan dalam membuat katalog secara manual banyak menghabiskan tenaga, waktu dan uang. Penerapan komputer akan dapat menghemat segalanya. Proses pembuatan katalog akan lebih mudah, penyajian buku bagi pembaca juga akan lebih cepat dan pada gilirannya akan terjadi efisiensi,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sebelum perpustakaan menggunakan komputer layanan proses peminjaman biasanya dilakukan dengan menggunakan kartu. Pekerjaan yang harus dilakukan diawali dengan petugas meminta kartu pembaca, mengambil kartu pinjam, menulis nomer buku di kartu pinjam, mencabut kartu buku dan diakhiri dengan mem “file” kartu. Pekerjaan tersebut memakan waktu yang cukup lama dan cukup rumit. Dengan komputer pekerjaan peminjaman buku dapat dilakukan dengan cepat dan mudah yaitu hanya dengan menyorot “barcode” kartu kemudian menyorot “barcode” buku selanjutnya memberikan cap tanggal pengembalian.

“Pekerjaan yang biasa butuh waktu lama kini hanya memakan waktu kurang 1 menit untuk setiap buku. Begitu juga dengan proses pengembalian dan perpanjangan buku, cukup dengan menyorot “barcode” buku kemudian secara otomatis akan terjadi transaksi,” tuturnya.

Lebih lanjut dia menyatakan bahwa dengan sistem automasi yang sudah diterapkan di perpustakaan daerah Kolaka Utara, maka minat baca semakin meningkat. “Kami harapkan dengan automasi minat baca masyarakat Kolaka Utara makin meningkat, khususnya generasi muda untuk datang belajar dan membaca,” tandasnya. (cr2/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top