METRO KOLAKA

358 Siswa SMA 1 Kolaka Gelar USBN

Kepala SMA 1 Kolaka Ustad Ahmad

KOLAKAPOS, Kolaka — Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) resmi digelar secara serentak di seluruh wilayah Indonesia Kamis (14/3). Seperti yang dilaksanakan oleh SMA 1 Kolaka sebanyak 358 siswa kelas XII mengikuti USBN tahun ini.

Kepala SMA 1 Kolaka Ustad Ahmad mengatakan pelaksanaan USBN tahun ini akan dilaksanakan selama seminggu mulai 14 sampai 21 Maret mendatang dengan 14 mata pelajaran. Dimana dalam sehari dua mata pelajaran akan diujiankan.

” USBN tahun ini kami siapkan 19 ruangan dalam satu ruangan akan ditempati 20 siswa yang diawasi dua orang guru. Total siswa kami yang ikut USBN tahun ini sebanyak 358 siswa, dan untuk hari pertama mata pelajaran yang diujiankan yakni pendidikan agama dan bahasa Indonesia, ” ungkapnya saat ditemui media ini Kamis (14/3).

Terkait bentuk soal, kata Ustad Ahmad dibagi menjadi dua bentuk soal yaitu pilihan ganda dan esay test.

” Bentuk soalnya pilihan ganda sebanyak 40 soal dan esay 5 soal jadi totalnya 45 butir soal yang dikerjakan dilembar soal yang telah disiapkan pihak Dinas pendidikan provinsi, dan soalnya ini merupakan soal penggabungan yang dibuat oleh pusat dan provinsi dimana 20 persen soal dari pusat dan 80 persen soal dari provinsi, ” jelasnya.

Guna memantapkan siswa dalam menghadapi USBN pihaknya melakukan tambahan jam pelajaran atau les, agar siswa selalu siap dalam menjawab setiap soal yang diberikan.

” Ada jam tambahan yang kita berikan kepada siswa yang kita laksanakan sejak awal bulan dua. Hal ini kita lakukan agar harapan kita memberikan motivasi, mengingat kembali materi pelajaran, dan membuat siswa siap menghadapi USBN ini tanpa ada kendala berarti, ” akunya.

Sehingga Ustad Ahmad berharap agar dalam menghadapi USBN siswa mampu menjawab setiap soal yang diberikan.

” Harapan kita siswa mampu menjawab dengan sebaik-baiknya semua soal yang diberikan, ” harapnya. (K9/c/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top