METRO KOLAKA

Anggota DPD RI Gandeng Akademisi USN

Anggota DPD RI Dapil Sultra, Yusran Silondae menggelar sosiasliasi empat pilar kebangsaan di kalangan para pensiunan, di Gedung Islamic Centre Kolaka, belum lama ini. FOTO: Kaulia Ode/ Kolaka Pos

Gelar Sosiasiasi Empat Pilar Kebangsaan di Kolaka

 

KOLAKAPOS, Kolaka — Anggota DPD RI Dapil Sultra, Yusran Silondae menggelar sosiasliasi empat pilar kebangsaan di kalangan para pensiunan pegawai yang tergabung dalam Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI), di Gedung Islamic Centre Kolaka, belum lama ini. Pada sosialisasi itu, Yusran Silondae menggandeng salah seorang akademisi Universitas Sembilabelas November (USN) Kolaka, Achmad Lamo Said sebagai narasumber di kegiatan itu.

Yusran Silondae mengatakan, mensonsialisasikan empat pilar kebangsaan merupakan salah tugas anggota DPD RI saat turun ke daerah. Anggota DPD wajib memasyarakatkan empat pilar kebangsaan, yakni, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan menjaga keutuhan NKRI.

“Kegiatan seperti ini sering kita lakukan sebelum-sebelumnya. Saya sebagai anggota DPD RI Dapil Sultra tentunya wajib berada di tengah-tengah masyarakat untuk mensosialisasikan empat pilar kebangsaan ini, dengan menyasar baik itu organisasi sosial, kemasyarakatan, termasuk pelajar dan pensiunan. Jadi hari kita laksanakan bersama para pensiunan yang tergabung dalam PWRI Kabupaten Kolaka dan PWRI unit PT Antam,” ujar Yusran yang juga ketua PWRI Sultra.

Yusran mengatakan, sosialisasi empat pilar kali ini sengaja menyasar kalangan para pensiunan. Sebab menurut dia, semasa aktif menjadi pegawai, mereka sudah ditanamkan nilai-nilai Pancasila dan pilar kebangsaan lainnya dalam kehidupan sehari-hari. “Jadi melalui sosialisasi ini saya ingin menyegarkan kembali ingatan-ingatan mereka, agar supaya dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat tetap menanamkan dan mengamalkan empat pilar ini di tengah-tengah masyarakat kita,” terangnya.

Di samping itu, lanjut mantan wakil gubernur Sultra ini, sosialisasi ini juga sekaligus menjadi ajang silahturahmi para anggota PWRI di Sultra, khususnya di Kolaka. “Ya, forum ini juga sebagai ajang silahturahmi para pensiunan. Karena kita tahu setelah mereka pensiun sudah tersebar dimana-mana, makanya dengan adanya kegiatan seperti ini kita bisa berkumpul bersama-sama di tempat ini,” katanya.

Sementara itu, Achamd Lamo Said dalam materi yang dipaparkannya di hadapan ratusan peserta sosiasilasi, menganalogikan empat pilar kebangsaan sebagai sebuah rumah. Pancasila sebagai fondasi, UUD 1945 adalah tiangnya, NKRI merupakan atapnya, sedangkan Bhineka Tunggal Ika adalah isi rumahnya. Dengan demikian, hubungan empat pilar ini merupakan satu kesatuan yang mengikat dan saling mendukung untuk membangun sebuah bangsa atau negara.

“Kalau empat pilar ini rusak atau tidak ada, maka sangat mempengaruhi tatanan tersebut, dalam ini berbangsa atau bernegara. Jadi ibaratkan sebuah rumah, maka rumah itu akan roboh dan hancur jika salah satunya dari empat pilar itu tidak ada,” tandas Wakil Rektor III USN Kolaka itu.

Untuk diketahui, pada sosialisasi itu turut hadir ketua PWRI Kabupaten Kolaka Fahruddin Rahim, sekretaris PWRI Kolaka, Ismail Bella, dan ketua PWRI PT Antam Pomalaa Arifin Abdi. Ketiganya juga memberikan materi pada sosialisasi itu. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top