METRO KOLAKA

Polisi Bekuk Spesialis Pencuri Alat Pertukangan Lintas Kecamatan

KOLAKAPOS, Kolaka — Setidaknya, saat ini warga Kabupaten Kolaka yang berprofesi sebagai tukang sudah bisa bernapas lega. Itu setelah polisi berhasil menangkap AS (53), tersangka spesialis pencuri alat pertukangan yang selama ini kerap beraksi di sejumlah lokasi di lintas kecamatan, di Kabupaten Kolaka. AS dibekuk Satuan Reskrim Polres Kolaka saat berada di rumahnya di Kecamatan Samaturu, Senin (18/3).

Dari penangkapan itu, polisi mengamankan sejumlah barang bukti. Di antaranya mesin serut, mesin bor dan mesin gurinda. “Ada beberapa yang sudah dijual, dan sebagian berhasil kita amankan,” kata Kasat Reskrim Polres Kolaka, AKP I Gede Pranata Wiguna, kemarin (19/3).

Ia menjelaskan, hasil pengembangan kasus pencurian ini, setidaknya ada tiga kecamatan yang kerap dijadikan AS sebagai lokasi melancarkan aksinya. Yaitu kecamatan Samaturu, Latambaga dan Kolaka. “Tersangka melakukan tindak pidana pencurian di beberapa TKP, yaitu di Desa Liku Kecamatan Samaturu, di Jalan Cakalang (Kecamatan Latambaga), BTN Tahoa (Kecamatan Kolaka), Jl By Pass Kolaka-Pomalaa,” terang I Gede Pranata.

Di hadapan polisi, tersangka yang tak memiliki pekerjaan tetap ini mengaku terpaksa mencuri karena desakan kebutuhan ekonomi. Namun apapun alasannya, AS tetap diancam hukumnan pidana karena melakukan perbuatan melawan hukum. “Saat ini tersangka dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Kolaka guna penyelidikan lebih lanjut. Tersangka akan dijerat Pasal 353, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tandas Kasat Reskrim. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top